Daerah

Temanggung Siap Penuhi Permintaan Hewan Kurban: Peternak Panen Raya

×

Temanggung Siap Penuhi Permintaan Hewan Kurban: Peternak Panen Raya

Sebarkan artikel ini
Temanggung Siap Penuhi Permintaan Hewan Kurban

Temanggung, Semangat Idul Adha sudah terasa di Kabupaten Temanggung! Para peternak tengah sibuk mempersiapkan hewan kurban terbaik untuk memenuhi permintaan pasar yang diperkirakan mencapai 16 ribu ekor.

Martono (41), salah satu peternak lokal, mengaku telah menjual sebagian hewan ternaknya. “Beberapa sudah laku, ada juga yang dititipkan dulu sambil menunggu hari H,” ujarnya.

Tak hanya Martono, peternak lain seperti Gunanjar (38) juga merasakan berkah Idul Adha. “Ini momen panen bagi kami. Makanya, persiapan sudah dilakukan jauh-jauh hari, mulai dari pakan berkualitas hingga pemeriksaan kesehatan rutin,” jelas Gunanjar.

Gunanjar bahkan mematok harga lebih tinggi dari pasaran, yakni Rp 4 juta per ekor. “Kualitas hewan kurban kami memang istimewa. Syarat-syarat seperti umur, kesehatan, dan kondisi fisik terjamin,” tambahnya.

Baca Juga :   Hiswana Migas Diminta Peduli Pembangunan Sulawesi Tengah

Kandang Komunal Kebanjiran Pesanan

Kandang komunal di Kaloran pun tak kalah ramai. Hingga saat ini, sudah ada 20 ekor kambing yang dipesan. “Beberapa warga sudah komitmen membeli, bahkan ada yang dari luar kota seperti Sleman dan Bantul,” ujar salah satu pengelola kandang.

Pj Bupati Temanggung, Hary Agung Prabowo, mengungkapkan bahwa populasi kambing dan domba di Temanggung mencapai 420 ribu ekor. “Banyak peternak yang menggunakan sistem kandang komunal,” katanya.

Pemkab Temanggung Gencarkan Sosialisasi Kesehatan Hewan

Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Perikanan (DKPPP) Kabupaten Temanggung, Joko Budi Nuryanto, menegaskan komitmen pemerintah dalam mendukung peternak. “Kami terus melakukan sosialisasi tentang pemeliharaan ternak yang sehat dan pemeriksaan kesehatan rutin di kandang-kandang,” ujarnya.

Baca Juga :   Bank Jatim dan Bank Banten Tandatangani NDA untuk Kolaborasi Strategis

Dengan persiapan matang dan dukungan pemerintah, Temanggung siap memenuhi kebutuhan hewan kurban berkualitas tinggi untuk Idul Adha 1445 H.

Sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *