DaerahPeristiwa

Tim 112 Sigap Evakuasi Pohon Akasia Raksasa Ancam Rumah Warga di Jalan Wortel

0
×

Tim 112 Sigap Evakuasi Pohon Akasia Raksasa Ancam Rumah Warga di Jalan Wortel

Sebarkan artikel ini
Tim 112 Sigap Evakuasi Pohon Akasia Raksasa Ancam Rumah Warga di Jalan Wortel

Palangka Raya, Tim 112 Kota Palangka Raya melalui Tim Rescue Dinas Damkar dan Penyelamatan Kota Palangka Raya bergerak cepat mengevakuasi pohon akasia berukuran besar yang membahayakan rumah warga di Jalan Wortel Induk, Kota Palangka Raya, Sabtu (20/4/2024).

Pohon raksasa ini tak hanya mengancam keselamatan warga, tetapi juga berpotensi mengenai kabel listrik di sekitarnya, sehingga evakuasi menjadi langkah krusial.

“Banyak kabel yang melintasi pohon ini, sehingga proses evakuasi menjadi cukup rumit,” jelas Sucipto, Koordinator Lapangan Tim 112 Kota Palangka Raya. “Namun, dengan perencanaan matang, kami berhasil mengevakuasi pohon tersebut.”

Sigapnya Tim Rescue Damkar atau Tim 112 disambut rasa syukur dan apresiasi dari warga setempat. Mereka terbantu dengan tindakan cepat dan efektif dalam menanggulangi bahaya yang mengintai.

Baca Juga :   KIP Aceh Rekrut 149.316 Petugas Ad Hoc untuk Pilkada 2024

Lebih lanjut, Sucipto menekankan bahwa evakuasi pohon akasia liar ini menjadi momentum untuk meningkatkan kesadaran warga akan pentingnya pemeliharaan lingkungan dan keamanan di sekitar permukiman.

Upaya Pencegahan dan Kesadaran Lingkungan

Pohon besar yang tidak terawat, terutama di area pemukiman, dapat menimbulkan risiko bagi keselamatan dan keamanan.

Oleh karena itu, diperlukan upaya pencegahan dan pemeliharaan lingkungan yang berkelanjutan. Penanaman pohon yang tepat jenis dan lokasinya, pemangkasan berkala, serta monitoring kondisi pohon dapat meminimalisir risiko roboh atau tumbangnya pohon yang membahayakan.

Selain itu, kesadaran masyarakat dalam menjaga lingkungan juga menjadi kunci utama. Melaporkan kondisi pohon yang berpotensi membahayakan kepada pihak terkait dapat membantu mencegah terjadinya insiden yang tidak diinginkan.

Baca Juga :   Koni Jatim dan Atlas Sport Club Surabaya Siap Mendukung Persiapan PON XXI 2024

Dengan sinergi antara pemerintah, masyarakat, dan petugas terkait, keselamatan dan keamanan lingkungan dapat terjaga dengan optimal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *