Peristiwa

Penderes di Purbalingga Tewas Terjatuh dari Pohon Kelapa, Polisi Periksa TKP

×

Penderes di Purbalingga Tewas Terjatuh dari Pohon Kelapa, Polisi Periksa TKP

Sebarkan artikel ini
Penderes di Purbalingga Tewas Terjatuh dari Pohon Kelapa, Polisi Periksa TKP

Purbalingga, Jateng – Tragedi memilukan kembali menimpa seorang penderes di Kabupaten Purbalingga, Tewas Terjatuh dari Pohon Kelapa. Sukamso Sukin (57), seorang warga Desa Candinata, Kecamatan Kutasari, ditemukan tewas setelah terjatuh dari pohon kelapa setinggi sekitar 15 meter pada Minggu pagi (16/6/2024).

Kronologi Kejadian

Kapolsek Kutasari, Iptu Heru Riyanto, menjelaskan bahwa korban sedang menyadap nira di kebun kelapa miliknya sendiri saat kejadian nahas tersebut terjadi. Suara benda jatuh yang didengar oleh Raswen (61), seorang warga setempat, menjadi petunjuk awal ditemukannya Sukamso dalam keadaan tergeletak di bawah pohon kelapa.

“Saksi Raswen mendengar suara seperti ranting patah diikuti suara benda jatuh sekitar pukul 05.30 WIB. Setelah diperiksa, ternyata korban sudah tergeletak di bawah pohon kelapa,” ungkap Iptu Heru.

Baca Juga :  Buaya Muara Kembali Gegerkan Warga di Sungai Bondoyudo, Surabaya

Warga yang mendengar teriakan Raswen segera berdatangan dan mengevakuasi korban ke rumahnya. Namun, pemeriksaan oleh bidan desa mengonfirmasi bahwa Sukamso telah meninggal dunia.

Pemeriksaan Polisi dan Hasil Visum

Mendapat laporan dari perangkat desa, pihak kepolisian dari Polsek Kutasari segera mendatangi lokasi kejadian untuk melakukan pemeriksaan. Bersama tenaga kesehatan dari Puskesmas Kutasari, jenazah korban diperiksa secara menyeluruh.

“Hasil pemeriksaan tidak menemukan tanda-tanda kekerasan yang mengarah pada tindak pidana. Korban mengalami cedera dan benturan pada kepala belakang akibat terjatuh dari pohon,” jelas Iptu Heru.

Riwayat Kesehatan dan Imbauan Keamanan

Pihak keluarga mengungkapkan bahwa Sukamso memiliki riwayat penyakit asam urat di kakinya yang sering kambuh. Ia juga diketahui rutin menyadap nira setiap pagi sekitar pukul 05.00 WIB.

Baca Juga :  Tanah Datar Dilanda Banjir Bandang dan Longsor, Bupati Eka Putra Langsung Turun Tangan

Menyikapi kejadian ini, Kapolsek Kutasari mengimbau masyarakat, terutama para penderes, untuk meningkatkan kewaspadaan saat bekerja. Kondisi cuaca hujan yang terjadi beberapa hari terakhir membuat pohon kelapa menjadi licin dan meningkatkan risiko kecelakaan.

“Kami berharap kejadian serupa tidak terulang kembali. Kehati-hatian sangat diperlukan untuk menjaga keselamatan diri saat bekerja,” tegas Iptu Heru.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *