Peristiwa

Kebakaran Hebat Landa Tanah Abang Pali, 3 Rumah Ludes Ratusan Juta Melayang

×

Kebakaran Hebat Landa Tanah Abang Pali, 3 Rumah Ludes Ratusan Juta Melayang

Sebarkan artikel ini
Kebakaran Hebat Landa Tanah Abang Pali

siarnews.com – Pali, Kebakaran di Desa Curup, Kecamatan Tanah Abang, Kabupaten Pali, berubah menjadi kepanikan saat kobaran api melahap tiga rumah warga pada Minggu, 7 Juli 2024. Kerugian materiil akibat peristiwa ini ditaksir mencapai Rp 200 juta.

Api Berasal dari Korsleting Listrik

Menurut keterangan saksi mata, Memo Ardianto, api pertama kali terlihat sekitar pukul 14.00 WIB dari rumah milik Aldi Usin. Dugaan awal mengarah pada korsleting listrik sebagai pemicu kebakaran. Kobaran api dengan cepat membesar dan merambat ke dua rumah tetangga, milik Zainal Arifin dan Arius.

“Api diduga berasal dari korsleting listrik di rumah Pak Aldi. Api dengan cepat membesar dan menjalar ke dua rumah di sebelahnya,” ujar Memo Ardianto.

Baca Juga :  Truk Kontainer Dilanda Pohon Tumbang di Padang Akibat Hujan Deras dan Angin Kencang

Upaya Pemadaman Terkendala

Warga sekitar yang menyaksikan kejadian tersebut segera berusaha memadamkan api dengan peralatan seadanya. Namun, upaya mereka terhambat oleh konstruksi rumah yang terbuat dari kayu, sehingga api dengan cepat melalap seluruh bangunan.

Petugas pemadam kebakaran dari Polsek Tanah Abang dan Damkar Kabupaten Pali tiba di lokasi sekitar 30 menit setelah kejadian. Api baru berhasil dijinakkan setelah satu jam berjibaku dengan kobaran yang ganas.

Tidak Ada Korban Jiwa, Kerugian Materiil Signifikan

Beruntungnya, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Namun, seluruh harta benda di dalam ketiga rumah tidak dapat diselamatkan. Aldi Usin menderita kerugian terbesar, mencapai Rp 150 juta, diikuti Zainal Arifin dengan kerugian Rp 30 juta, dan Arius sebesar Rp 5 juta.

Baca Juga :  Remaja Tewas dalam Kecelakaan di Simalungun, Dua Lainnya Terluka

Penyelidikan Penyebab Kebakaran

Kapolsek Tanah Abang, IPTU Arzuan, S.H., membenarkan kejadian tersebut dan menyatakan bahwa pihaknya masih menyelidiki penyebab pasti kebakaran.

“Kami masih menyelidiki penyebab pasti kebakaran. Untuk sementara, dugaan awal adalah korsleting listrik,” ujar IPTU Arzuan.

IPTU Arzuan juga mengimbau masyarakat untuk selalu waspada terhadap bahaya kebakaran dengan memastikan instalasi listrik di rumah mereka dalam kondisi yang baik dan aman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *