DaerahPendidikan

Banjarbaru Raih Penghargaan Bergengsi di Bidang Pendidikan

×

Banjarbaru Raih Penghargaan Bergengsi di Bidang Pendidikan

Sebarkan artikel ini
Banjarbaru Raih Penghargaan Bergengsi di Bidang Pendidikan

Banjarbaru Raih Penghargaan Bergengsi di Bidang Pendidikan dari Kemendikbudristek

Banjarbaru, 1 Mei 2024 – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Balai Penjamin Mutu Pendidikan (BPMP) Provinsi Kalimantan Selatan memberikan penghargaan bergengsi kepada Wali Kota Banjarbaru, M. Aditya Mufti Ariffin. Penghargaan ini diberikan dalam ajang Festival Kurikulum Merdeka dan Festival Sekolah Sehat di Aula BPMP Provinsi Kalsel, Rabu (1/5/2024).

Penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi tertinggi atas komitmen dan dedikasi Pemerintah Kota ini dalam meningkatkan mutu layanan pendidikan. Wali Kota Aditya dinilai sukses dalam mendorong penjaminan dan peningkatan mutu layanan pendidikan berdasarkan pada peningkatan indeks standar pelayanan minimal (SPM) 2023.

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Banjarbaru, Dedy Sutoyo, menjelaskan bahwa SPM merupakan kewenangan dasar yang wajib dilaksanakan oleh setiap pemerintah daerah.

Baca Juga :   Inflasi Kota Malang Melandai di Tengah Momen Idulfitri, Sinergi TPID Jadi Kunci Malang

“Di Kota Banjarbaru, ada tujuh dinas yang melaksanakan SPM, salah satunya Disdik. Khusus untuk SPM di bidang pendidikan, ini merupakan komitmen bagi setiap daerah untuk menyelenggarakan urusan pendidikan yang tertuang dalam anggaran, dokumen strategis, dan kegiatan,” jelas Dedy.

Lebih lanjut, Dedy menuturkan bahwa setiap butir SPM akan mendapatkan skoring dan penilaian. Di bawah kepemimpinan Wali Kota Aditya, SPM pendidikan di Kota ini berhasil mencapai skor 84,57 dan mendapat predikat “Tuntas Madya”.

“Pencapaian ini membuktikan bahwa selama kepemimpinan Wali Kota Aditya, Pemkot serius dan berkomitmen untuk menganggarkan dan melaksanakan tugas kewenangan di bidang pendidikan,” tegas Dedy.

Meskipun raihan Tuntas Madya ini patut dibanggakan, Dedy mengakui bahwa untuk mencapai predikat yang lebih tinggi, diperlukan komitmen dan keseriusan dari seluruh pihak dalam melaksanakan SPM. Saat ini, di Provinsi Kalimantan Selatan, hanya dua daerah yang berhasil meraih predikat Tuntas Madya, yaitu Kota Banjarbaru dan Kabupaten Hulu Sungai Tengah.

Baca Juga :   Akademisi dan Media Bersatu Lawan Korupsi: Membangun Indonesia Bebas Korupsi

“Baru dua di Kalsel, Kota Banjarbaru dan Kabupaten Hulu Sungai Tengah. Ini menunjukkan komitmen untuk serius melaksanakan SPM. Insyaallah, dengan dukungan dan program Wali Kota Banjarbaru, kita bisa mendapatkan predikat yang lebih tinggi lagi,” ujar Dedy optimis.

Penghargaan bergengsi ini menambah daftar panjang prestasi dan penghargaan yang diraih oleh Wali Kota Aditya dan jajarannya. Prestasi ini semakin memantapkan sebutan Kota Banjarbaru sebagai Kota Pendidikan di Kalimantan Selatan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *