BeritaNasional

Mengalirkan Harapan: Presiden Jokowi Resmikan Bendungan Tiu Suntuk di Sumbawa Barat

×

Mengalirkan Harapan: Presiden Jokowi Resmikan Bendungan Tiu Suntuk di Sumbawa Barat

Sebarkan artikel ini
Presiden Jokowi Resmikan Bendungan Tiu Suntuk

Sumbawa Barat, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan bendungan Tiu Suntuk di Kecamatan Brang Ene, Kabupaten Sumbawa Barat, Kamis (2/5/2024). Tiu Suntuk menjadi bendungan ke 2 yang dibangun di Sumbawa Barat dan merupakan bendungan ke 7 yang dibangun sejak tahun 2014 di Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Tiu Suntuk merupakan satu dari sekian banyak Proyek Strategis Nasional (PSN) yang dibangun pada era pemerintahan Presiden Jokowi. Tiu Suntuk mampu mengairi sekitar 2.000 hektar lebih lahan pertanian di Kecamatan Brang Ene hingga Jereweh.

‘’Perubahan iklim ke depan, air menjadi kunci bagi kehidupan kita. Air menjadi sangat penting. Utamanya di NTB,’’ jelas Presiden Jokowi saat meresmikan bendungan Tiu Suntuk.

Baca Juga :  Polri Siap Ekstradisi Buronan Narkoba Nomor Satu Thailand

Kebutuhan air mencakup sektor pertanian, air baku untuk sumber air minum (air bersih). Pemerintah kata Presiden selama 10 tahun terakhir telah membangun 7 bendungan di Provinsi NTB.

‘’Paling banyak di NTB. Bendungan Tiu Suntuk ini menjadi salah satu bendungan besar. Bendungan ini menghabiskan anggaran Rp 1,4 triliun atau sekitar Rp 1.400 miliar, itu duit semuanya,’’ katanya disambut aplus meriah masyarakat yang ikut menyaksikan persemian.

Bendungan ini mampu menampung sekitar 60,8 juta meter kubik air baku. Daya tampung yang besar akan memberikan menfaat cukup besar bagi masyarakat Sumbawa Barat. Presiden menyebut, bendungan ini nantinya akan dimanfaatkan untuk mengairi lahan pertanian.

‘’Manfaatnya untuk irigasi seluas 1.900 hektare dengan debit 680 liter perdetik dan ini berguna untuk mereduksi banjir,’’ paparnya.

Baca Juga :  Jamur pada Kucing: Penyebab, Gejala, Pengobatan, dan Pencegahan

Saat peresmian bendungan, Presiden Jokowi didampingi tiga menteri sekaligus di antaranya Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, Menteri Pertanian, Andi Imran Sulaiman dan Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan. Selain itu, Pj Gubernur NTB, Lalu Gita Aryadi juga ikut terlihat di lokasi peresmian, termasuk Bupati Sumbawa Barat W.Musyafirin.

Diketahui, Tiu Suntuk merupakan bendungan kedua setelah bendungan Bintang Bano di Kecamatan Brang Rea. Tiu Suntuk memiliki luas genangan 312,09 hektare dan akan mampu menyuplai air bagi daerah irigasi seluas 1.900 haktare (existing 1.370 haktare dan extensifikasi 540 haktare).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *