Teknologi

Google Mengumumkan Pencapaian Keamanan dengan Passkey

×

Google Mengumumkan Pencapaian Keamanan dengan Passkey

Sebarkan artikel ini
Kunci Masuk Aman Passkey Telah Digunakan 1 Miliar Kali

Google: Kunci Masuk Aman Passkey Telah Digunakan 1 Miliar Kali

Mataram, Dalam rangka memperingati Hari Kata Sandi Sedunia, Google mengumumkan pencapaian keamanan dan membagikan perkembangan terbaru terkait upaya mereka. Perusahaan ini, untuk pertama kalinya, mengungkapkan metrik adopsi passkey dan menyatakan bahwa fitur ini telah digunakan lebih dari satu miliar kali oleh 400 juta akun Google.

“Sejak diluncurkan, passkey terbukti lebih cepat daripada kata sandi, karena pengguna hanya perlu membuka kunci perangkat mereka menggunakan sidik jari, pemindaian wajah, atau PIN untuk masuk,” tulis Google. Google meluncurkan dukungan luas untuk passkey pada tahun 2022 dan meluncurkannya di seluruh layanannya setahun lalu.

Passkey adalah kredensial baru yang dirancang untuk menggantikan kata sandi. Mereka lebih aman daripada kata sandi karena disimpan di perangkat pengguna dan tidak pernah dibagikan dengan situs web atau aplikasi. Ini berarti bahwa mereka tidak dapat dicuri atau dibobol dalam pelanggaran data.

Baca Juga :  Lindungi Privasi Online Anda dengan VPN di Laptop: Panduan Lengkap dan Mudah

Passkey juga lebih mudah digunakan daripada kata sandi. Pengguna tidak perlu mengingat atau mengetiknya. Mereka hanya perlu membuka kunci perangkat mereka dan mengotentikasi diri mereka sendiri dengan sidik jari, pemindaian wajah, atau PIN.

Google mengatakan bahwa penggunaan passkey meningkat dengan cepat. Perusahaan ini berencana untuk memperluas dukungan untuk passkey ke lebih banyak perangkat dan layanan di masa depan.

Manfaat Passkey:

  • Lebih aman: Passkey disimpan di perangkat pengguna dan tidak pernah dibagikan dengan situs web atau aplikasi, sehingga tidak dapat dicuri atau dibobol dalam pelanggaran data.
  • Lebih mudah digunakan: Pengguna tidak perlu mengingat atau mengetik kata sandi. Mereka hanya perlu membuka kunci perangkat mereka dan mengotentikasi diri mereka sendiri dengan sidik jari, pemindaian wajah, atau PIN.
  • Lebih cepat: Passkey lebih cepat daripada kata sandi karena pengguna tidak perlu mengetiknya.
Baca Juga :  Elon Musk Resmikan Starlink Mini Portabel, Harga?

Masa Depan Passkey:

Google berencana untuk memperluas dukungan untuk passkey ke lebih banyak perangkat dan layanan di masa depan. Perusahaan ini juga bekerja dengan organisasi lain untuk membuat standar passkey global.

Passkey adalah teknologi baru yang menjanjikan untuk membuat internet lebih aman dan mudah digunakan. Dengan adopsi yang terus meningkat, passkey kemungkinan akan menjadi standar baru untuk autentikasi online di masa depan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *