Kesehatan

9 Cara Ampuh Usir Mata Ikan yang Mengganggu, Bye Bye Kulit Kasar!

×

9 Cara Ampuh Usir Mata Ikan yang Mengganggu, Bye Bye Kulit Kasar!

Sebarkan artikel ini
Menghilangkan Mata Ikan
Image by www.siloamhospitals.com

Siarnews.com – Mata ikan, benjolan kecil yang keras dan menebal di telapak kaki atau tangan, memang menyebalkan. Tak hanya mengganggu penampilan, rasa sakitnya pun bisa bikin aktivitas terhambat.

Tenang, tak perlu panik! Ada banyak cara untuk menghilangkannya, lho. Yuk, simak 9 cara ampuh berikut:

1. Asam Salisilat

Obat ini bekerja dengan mengikis lapisan kulit yang terkena secara perlahan. Asam salisilat tersedia dalam bentuk plester, salep, atau cairan. Pastikan ikuti petunjuk penggunaan dengan benar.

2. Salep Mata Ikan

Salep khusus mengandung bahan aktif yang membantu melunakkan dan mengangkat kulit yang menebal. Gunakan salep 2-3 kali sehari untuk hasil maksimal.

3. Batu Apung

Rendam kaki atau tangan dalam air hangat selama 10-15 menit. Gosok dengan batu apung secara perlahan untuk mengangkat kulit mati. Lakukan 1-2 kali sehari.

4. Kutilos

Cairan ini mengandung kombinasi asam salisilat, asam laktat, dan polidocanol yang efektif menghilangkannya. Oleskan Kutilos 2 kali sehari dengan kapas.

5. Pasta Kunyit

Kunyit memiliki sifat anti inflamasi dan antibakteri yang membantu mengatasinya. Buat pasta kunyit dengan mencampurkan bubuk kunyit dan air, oleskan, dan tutup dengan perban. Biarkan semalaman.

6. Callusol

Obat ini mengandung asam salisilat, asam laktat, dan polidocanol yang bekerja sama untuk melunakkan dan mengangkat mata ikan. Gunakan Callusol 2 kali sehari.

7. Garam Epsom

Rendam kaki atau tangan dalam air hangat yang dicampur garam epsom selama 15-20 menit. Garam epsom membantu melunakkan kulit dan mengurangi rasa sakit. Lakukan 2 kali sehari.

8. Campuran Baking Soda dan Air Lemon

Campurkan baking soda dan air lemon hingga membentuk pasta. Oleskan dan tutup dengan perban. Biarkan selama 1-2 jam, kemudian bilas dengan air hangat. Lakukan 1-2 kali sehari.

9. Biarkan Sembuh Sendiri

Mata ikan yang tidak disertai rasa nyeri biasanya bisa hilang dengan sendirinya dalam beberapa minggu atau bulan.

Tips Tambahan:

  • Lindungi mata ikan dengan kapas, busa, atau plester untuk mengurangi gesekan dan rasa sakit.
  • Jaga kaki dan tangan tetap bersih dan kering untuk mencegah infeksi.
  • Hindari penggunaan sepatu yang terlalu ketat.
  • Konsultasikan dengan dokter jika mata ikan tidak kunjung membaik setelah mencoba berbagai cara di atas.

Penyebab

Tahukah Anda, ternyata penyebab utama kemunculannya adalah kebiasaan sehari-hari yang sering kita lakukan, lho!

  • Gesekan dan Tekanan Berulang

Terbentuk akibat reaksi alami tubuh untuk melindungi kulit dari gesekan dan tekanan berulang. Ini bisa disebabkan oleh penggunaan sepatu yang tidak tepat, misalnya terlalu sempit, terlalu longgar, atau berhak tinggi.

Sepatu yang sempit akan menekan kulit kaki, sedangkan sepatu yang longgar akan membuat kaki bergesekan terus menerus dengan bagian dalam sepatu. Kebiasaan berjalan tanpa alas kaki di permukaan kasar atau menggunakan sepatu tanpa kaus kaki juga bisa memicu sebagai pemicunya.

  • Infeksi Virus

Meskipun jarang terjadi, mata ikan juga bisa disebabkan oleh infeksi virus HPV (Human Papilloma Virus). Jenis ini biasa disebut kutil plantar dan biasanya muncul di telapak kaki.

Untuk mengetahui penyebab pasti yang Anda alami, sebaiknya konsultasikan ke dokter. Dengan mengetahui penyebabnya, dokter bisa memberikan penanganan yang tepat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *