Kesehatan

Cara Menghilangkan Sakit Gigi Berlubang dan Mencegahnya Kambuh

×

Cara Menghilangkan Sakit Gigi Berlubang dan Mencegahnya Kambuh

Sebarkan artikel ini
Sakit gigi berlubang
Photo by Mufid Majnun on Unsplash

siarnews.com – Sakit gigi berlubang adalah salah satu masalah kesehatan yang paling umum dan dapat sangat mengganggu. Rasa sakitnya bisa sangat parah dan bahkan dapat mengganggu aktivitas sehari-hari.

Ada beberapa cara untuk menghilangkan sakit gigi berlubang, antara lain:

1. Perawatan rumah tangga

Ada beberapa perawatan rumah tangga yang dapat membantu menghilangkan sakit gigi berlubang. Salah satunya adalah berkumur dengan air garam hangat. Garam memiliki sifat antibakteri yang dapat membantu membersihkan dan meredakan peradangan pada gigi yang berlubang. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan minyak cengkeh atau minyak kelapa untuk mengurangi rasa sakit. Caranya adalah dengan mengoleskan sedikit minyak cengkeh atau minyak kelapa pada kapas dan menempelkannya pada gigi yang berlubang selama beberapa menit.

2. Menggunakan obat pereda nyeri

Jika rasa sakitnya sangat parah, Anda dapat menggunakan obat pereda nyeri yang dijual bebas seperti ibuprofen atau parasetamol. Obat-obatan ini dapat membantu mengurangi rasa sakit dan peradangan pada gigi yang berlubang. Namun, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter atau apoteker sebelum mengonsumsi obat-obatan ini, terutama jika Anda memiliki riwayat alergi atau sedang mengonsumsi obat-obatan lain.

3. Menjaga kebersihan mulut

Salah satu cara terbaik untuk menghilangkan sakit gigi berlubang adalah dengan menjaga kebersihan mulut yang baik. Sikat gigi secara teratur setidaknya dua kali sehari menggunakan pasta gigi yang mengandung fluoride. Selain itu, jangan lupa untuk membersihkan sela-sela gigi menggunakan benang gigi atau sikat gigi interdental. Dengan menjaga kebersihan mulut, Anda dapat mencegah perkembangan bakteri dan plak yang dapat menyebabkan gigi berlubang.

Baca Juga :  BKOW Riau Siap Bantu Turunkan Angka Stunting di Bumi Lancang Kuning

4. Menggunakan bahan alami

Beberapa bahan alami juga dapat membantu menghilangkan sakit gigi berlubang. Misalnya, Anda dapat mengunyah daun mint atau daun sirih yang memiliki sifat analgesik alami. Selain itu, Anda juga dapat mengoleskan sedikit pasta gigi yang mengandung ekstrak daun jambu biji pada gigi yang berlubang. Ekstrak daun jambu biji memiliki sifat antimikroba yang dapat membantu mengurangi rasa sakit dan meredakan peradangan.

5. Mengunjungi dokter gigi

Jika sakit gigi berlubang Anda tidak kunjung membaik atau semakin parah, segeralah mengunjungi dokter gigi. Dokter gigi akan melakukan pemeriksaan dan memberikan perawatan yang sesuai, seperti membersihkan dan mengisi gigi yang berlubang. Jika gigi Anda sudah parah dan tidak bisa diselamatkan, dokter gigi mungkin akan merekomendasikan pencabutan gigi dan memberikan solusi penggantinya, seperti gigi palsu atau implan gigi.

Menggunakan Obat Kumur Antiseptik

Selain berkumur dengan air garam, penggunaan obat kumur antiseptik juga dapat membantu mengurangi rasa sakit akibat gigi berlubang. Obat kumur ini mengandung bahan-bahan seperti klorheksidin atau povidon iodin yang memiliki sifat antibakteri dan antiseptik. Dengan menggunakan obat kumur ini, Anda dapat membunuh bakteri penyebab infeksi di sekitar gigi berlubang dan meredakan peradangan yang terjadi.
Untuk menggunakan obat kumur antiseptik, ikuti petunjuk penggunaan yang tertera pada kemasan. Biasanya, Anda perlu menuangkan sejumlah kecil obat kumur ke dalam tutup botol, kemudian berkumur selama 30 detik hingga 1 menit. Pastikan untuk tidak menelan obat kumur ini, karena dapat menyebabkan efek samping yang tidak diinginkan.

Baca Juga :  Demam Berdarah pada Anak: Kenali Gejala dan Lakukan Pertolongan Pertama yang Tepat

Mengompres Daerah yang Sakit

Selain menggunakan air garam dan obat kumur antiseptik, mengompres daerah yang sakit juga dapat membantu meredakan rasa sakit pada gigi berlubang. Caranya cukup sederhana, Anda hanya perlu mengambil selembar kain bersih atau tisu dan merendamnya dalam air hangat. Kemudian, peras kain atau tisu tersebut hingga tidak terlalu basah dan tempelkan pada daerah yang sakit selama beberapa menit.
Mengompres daerah yang sakit dengan air hangat dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah di sekitar gigi berlubang dan meredakan peradangan yang terjadi. Selain itu, rasa hangat dari kompres juga dapat memberikan sensasi nyaman dan mengurangi rasa sakit yang Anda rasakan.

Baca Juga :  Bau Badan Bikin Minder? 9 Makanan Ini Biang Keladinya

Menggunakan Salep Khusus untuk Gigi Berlubang

Jika rasa sakit pada gigi berlubang Anda tidak kunjung mereda, Anda juga dapat menggunakan salep khusus yang mengandung bahan-bahan seperti benzokain atau lidokain. Salep ini dapat dioleskan langsung pada gigi berlubang untuk mengurangi rasa sakit dan mati rasa sementara.
Sebelum menggunakan salep khusus ini, pastikan untuk membersihkan gigi dan mulut Anda terlebih dahulu. Kemudian, ambil sedikit salep dengan menggunakan cotton bud atau jari yang bersih, lalu oleskan secara merata pada gigi berlubang. Biarkan salep meresap selama beberapa menit sebelum Anda berkumur atau makan.

Menghindari Makanan dan Minuman yang Panas atau Dingin

Selama mengalami sakit gigi berlubang, sebaiknya hindari makanan dan minuman yang panas atau dingin. Suhu ekstrem ini dapat memperburuk rasa sakit dan membuat gigi berlubang semakin sensitif. Sebagai gantinya, pilihlah makanan yang lembut dan mudah dikunyah, seperti sup, bubur, atau makanan yang diolah dengan cara direbus atau dikukus.

Kompres dengan Es

Kompres dingin dengan menggunakan es batu dapat membantu meredakan nyeri dan bengkak pada gigi berlubang. Bungkus beberapa es batu dalam kain bersih dan kompreslah pipi yang sakit selama 15-20 menit. Lakukan ini beberapa kali sehari untuk mengurangi rasa sakit dan pembengkakan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *