Kesehatan

Cara Alami Mengatasi Jerawat Batu yang Membandel

×

Cara Alami Mengatasi Jerawat Batu yang Membandel

Sebarkan artikel ini
Cara Alami Mengatasi Jerawat Batu yang Membandel
Image by freepik

Siarnews.com – Jerawat batu, atau acne cystic, merupakan jenis jerawat yang paling parah dan dapat meninggalkan bekas luka permanen. Penyebabnya adalah kombinasi dari minyak berlebih, sel kulit mati, dan bakteri yang menyumbat pori-pori dan menyebabkan peradangan. Pengobatan jerawat batu biasanya membutuhkan waktu dan kesabaran. Namun, bagi yang ingin menghindari obat-obatan kimia, terdapat beberapa cara alami yang dapat membantu mengatasi jerawat batu.

Tidak hanya itu, menjaga kebersihan kulit juga sangat penting dalam mengatasi jerawat batu. Pastikan Anda mencuci wajah dua kali sehari dengan pembersih wajah yang lembut dan tidak mengandung bahan kimia keras. Hindari menggosok wajah terlalu keras atau menggunakan produk yang dapat menyebabkan iritasi. Gunakan juga pelembap yang ringan dan tidak berminyak untuk menjaga kelembapan kulit.

Baca Juga :  Waspada Demam Berdarah! Kenali Gejala dan Cara Pencegahannya

Namun, jika jerawat batu Anda tidak kunjung membaik atau semakin parah, sebaiknya konsultasikan dengan dokter atau ahli kulit untuk mendapatkan perawatan yang lebih intensif.

1. Lidah Buaya

Lidah buaya memiliki sifat anti-inflamasi dan antibakteri yang dapat membantu mengurangi peradangan dan kemerahan pada jerawat. Selain itu, lidah buaya juga mengandung zat alami yang dapat membantu mempercepat proses penyembuhan kulit yang rusak akibat jerawat. Oleh karena itu, penggunaan gel lidah buaya murni dari daunnya dapat menjadi solusi alami untuk mengatasi masalah jerawat.

Untuk mengaplikasikan lidah buaya pada jerawat, pertama-tama Anda perlu memastikan bahwa gel yang digunakan berasal dari lidah buaya murni. Anda dapat membeli lidah buaya segar dan memanen gel dari daunnya sendiri, atau membeli produk lidah buaya yang sudah siap pakai di toko-toko kosmetik.

Baca Juga :  Mimisan pada Anak: Cara Mengatasi dan Pencegahannya dengan Bahan Alami

Setelah Anda mendapatkan gel lidah buaya, oleskan secara merata pada area yang berjerawat. Pastikan kulit Anda sudah bersih sebelum mengaplikasikan gel lidah buaya, agar hasilnya lebih optimal. Diamkan gel lidah buaya selama 15-20 menit agar zat-zat alami dalam lidah buaya dapat meresap ke dalam kulit dan memberikan manfaatnya. Setelah itu, bilas wajah Anda dengan air hangat untuk menghilangkan sisa-sisa gel lidah buaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *