Sains

Penemuan Jetstream Berkecepatan Tinggi di Jupiter

×

Penemuan Jetstream Berkecepatan Tinggi di Jupiter

Sebarkan artikel ini
Penemuan Jetstream Berkecepatan Tinggi di Jupiter

Siarnews.com – Para ilmuwan telah menemukan jetstream berkecepatan tinggi di Jupiter, yang merupakan hal yang tidak pernah kita sadari sebelumnya. Terletak di sekitar khatulistiwa Jupiter, di atas lapisan awan. Lebarnya sekitar 4.800 kilometer (3.000 mil) dan kecepatannya mencapai 1.450 kilometer per jam (900 mil per jam).

Penemuan jetstream oleh para ilmuwan menggunakan data dari teleskop James Webb Space Telescope. Teleskop ini mampu melihat Jupiter dalam panjang gelombang inframerah, yang memungkinkan para ilmuwan untuk melihat menembus lapisan awan Jupiter.

Penemuan ini adalah hal yang mengejutkan, karena tidak ada seorang pun yang menduga bahwa ada jetstream di Jupiter. Jupiter memiliki atmosfer yang sangat dinamis, tetapi para ilmuwan tidak berpikir bahwa ada yang terbentuk di atmosfer Jupiter.

Baca Juga :   Komet Devil: Fenomena Langka yang Menarik Perhatian Para Ilmuwan

Ini dapat memiliki dampak yang signifikan pada atmosfer Jupiter. Dapat membawa panas dan energi dari satu bagian Jupiter ke bagian lain. Jetstream juga dapat mempengaruhi pola cuaca di Jupiter.

Para ilmuwan masih mempelajarinya dan mencoba untuk memahami bagaimanaini terbentuk dan apa dampaknya terhadap atmosfer Jupiter. Penemuan ini adalah hal yang menarik dan menunjukkan bahwa masih banyak hal yang kita tidak ketahui tentang Jupiter.

Selain itu, penemuan jetstream ini juga menunjukkan bahwa teleskop James Webb Space Telescope adalah alat yang sangat powerful untuk mempelajari planet-planet di luar tata surya kita. Teleskop ini mampu melihat detail-detail kecil di atmosfer planet-planet, yang tidak dapat dilihat oleh teleskop-teleskop lain.

Baca Juga :   Usia Bulan Mungkin 40 Juta Tahun Lebih Tua Daripada Yang Diperkirakan Sebelumnya, Kata Para Peneliti

Para ilmuwan berharap bahwa teleskop James Webb Space Telescope dapat membantu kita untuk memahami lebih baik tentang Jupiter dan planet-planet lain di luar tata surya kita.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *