Sains

Planet Paling Tidak Ramah Bagi Kehidupan

×

Planet Paling Tidak Ramah Bagi Kehidupan

Sebarkan artikel ini
Planet Paling Tidak Ramah Bagi Kehidupan

Siarnews.com – Para astronom telah lama mencari tanda-tanda kehidupan di luar Bumi, tetapi mereka juga telah merenungkan apa yang akan membuat planet menjadi paling tidak ramah bagi kehidupan. Sebuah studi baru yang diterbitkan di jurnal Nature Astronomy telah mengidentifikasi faktor-faktor yang dapat membuatnya tidak dapat dihuni.

Para peneliti, yang dipimpin oleh Dr. Paul Byrne dari University of North Carolina di Chapel Hill, Amerika Serikat, menggunakan model komputer untuk menyelidiki bagaimana faktor-faktor seperti suhu, atmosfer, dan radiasi dapat mempengaruhi kemungkinan kehidupan di sini. Mereka menemukan bahwa planet yang paling tidak ramah bagi kehidupan akan memiliki suhu permukaan yang sangat panas atau sangat dingin, atmosfer yang sangat tipis atau sangat tebal, dan tingkat radiasi yang sangat tinggi.

Baca Juga :   Curiosity Temukan Masa Lalu Bumi di Mars, Tapi Bagaimana Oksigen Bisa Ada Di Sana?

“Planet yang sangat panas akan terlalu panas bagi kehidupan untuk bertahan,” kata Dr. Byrne. “Sangat dingin akan terlalu dingin bagi kehidupan untuk berkembang. Dan dengan atmosfer yang sangat tipis tidak akan dapat menahan panas dari matahari, sedangkan planet dengan atmosfer yang sangat tebal akan terlalu panas.”

Para peneliti juga menemukan bahwa planet yang berada terlalu dekat dengan bintangnya akan menerima terlalu banyak radiasi, yang dapat merusak DNA dan membuat kehidupan sulit untuk bertahan. “Radiasi dapat menyebabkan mutasi yang berbahaya,” kata Dr. Byrne. “Dan mutasi yang berbahaya dapat membuat kehidupan sulit untuk berkembang.”

Studi ini memberikan wawasan baru tentang apa yang membuat tidak dapat dihuni. Informasi ini dapat membantu astronom untuk lebih memahami kemungkinan kehidupan di luar Bumi. Berikut adalah beberapa faktor yang dapat membuat menjadi tidak dapat dihuni:

  • Suhu permukaan: dengan suhu permukaan yang sangat panas atau sangat dingin akan terlalu ekstrem bagi kehidupan untuk bertahan.
  • Atmosfer: dengan atmosfer yang sangat tipis atau sangat tebal tidak akan dapat menahan panas dari matahari atau melindungi kehidupan dari radiasi.
  • Radiasi: yang menerima terlalu banyak radiasi akan sulit untuk mendukung kehidupan.
  • Jaraknya dari bintang:  yang berada terlalu dekat atau terlalu jauh dari bintangnya akan menerima terlalu banyak atau terlalu sedikit panas.
Baca Juga :   Penemuan Jetstream Berkecepatan Tinggi di Jupiter

Beberapa contoh planet yang tidak dapat dihuni:

  • Venus: Venus memiliki suhu permukaan yang sangat panas, atmosfer yang sangat tebal, dan tingkat radiasi yang tinggi.
  • Merkurius: Merkurius memiliki suhu permukaan yang sangat panas dan atmosfer yang sangat tipis.
  • Mars: Mars memiliki suhu permukaan yang dingin dan atmosfer yang sangat tipis.
  • Kepler-186f: Kepler-186f adalah planet yang berada terlalu dekat dengan bintangnya untuk mendukung kehidupan.

Para astronom terus mencari tanda-tanda kehidupan di luar Bumi. Studi baru ini memberikan wawasan baru tentang apa yang membuat planet tidak dapat dihuni, yang dapat membantu astronom untuk lebih memahami kemungkinan kehidupan di luar Bumi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *