Teknologi

Modus Penipuan WhatsApp Terbaru yang Bikin Merinding

×

Modus Penipuan WhatsApp Terbaru yang Bikin Merinding

Sebarkan artikel ini
Modus Penipuan WhatsApp Terbaru yang Bikin Merinding

siarnews.com –WhatsApp, aplikasi perpesanan instan yang mendunia, telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari. Namun, di balik kemudahan dan kenyamanan yang ditawarkan, terdapat kerentanan yang mengintai para penggunanya. Artikel ini akan mengupas tuntas berbagai celah keamanan yang harus diwaspadai, serta memberikan panduan praktis untuk melindungi diri dari ancaman siber yang mengintai.

1. Pencurian Data Pribadi Melalui Modus “Social Engineering”

Salah satu modus operandi yang paling sering digunakan oleh pelaku kejahatan siber adalah “social engineering.” Dalam konteks WhatsApp, modus ini melibatkan manipulasi psikologis untuk mengelabui korban agar memberikan informasi pribadi mereka, seperti kode verifikasi atau kata sandi. Pelaku bisa menyamar sebagai teman, keluarga, atau bahkan pihak resmi untuk mendapatkan kepercayaan korban.

Baca Juga :  NASA Pindahkan Pesawat Luar Angkasa Dragon untuk Kedatangan Boeing Starliner

Tips Pencegahan:

  • Jangan pernah memberikan kode verifikasi atau kata sandi kepada siapa pun, termasuk orang terdekat. WhatsApp tidak akan pernah meminta informasi sensitif melalui pesan pribadi.
  • Verifikasi identitas pengirim pesan dengan cermat sebelum memberikan informasi apa pun. Jika ragu, hubungi langsung orang yang bersangkutan melalui saluran komunikasi lain.
  • Aktifkan fitur verifikasi dua langkah untuk memberikan lapisan keamanan tambahan pada akun Anda.

2. Penyebaran Malware Melalui Pesan dan Lampiran

WhatsApp juga rentan terhadap penyebaran malware, yaitu perangkat lunak berbahaya yang dapat merusak perangkat atau mencuri data pribadi. Malware sering disebarkan melalui pesan atau lampiran yang tampak tidak berbahaya, seperti gambar, video, atau dokumen.

Baca Juga :  Gak Pake Ribet! Cara Cepat Bikin Blog Pribadi Keren Tanpa Perlu Jadi Ahli

Tips Pencegahan:

  • Jangan membuka pesan atau lampiran dari pengirim yang tidak dikenal. Jika ragu, hapus pesan tersebut tanpa membukanya.
  • Perbarui aplikasi secara teratur untuk memastikan Anda memiliki perlindungan keamanan terbaru.
  • Pasang aplikasi antivirus yang terpercaya pada perangkat Anda untuk mendeteksi dan menghapus malware.

3. Penyadapan Percakapan Melalui WhatsApp Web

WhatsApp Web, fitur yang memungkinkan pengguna mengakses WhatsApp melalui browser web, juga memiliki celah keamanan yang harus diwaspadai. Jika tidak digunakan dengan hati-hati, dapat menjadi pintu masuk bagi pelaku kejahatan siber untuk menyadap percakapan Anda.

Tips Pencegahan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *