Otomotif

Merek Mobil Terlaris di Jepang, Ternyata Selera di Jepang Beda Jauh dengan Indonesia

merek mobil terlaris
merek mobil terlaris di Jepang

Siarnews.com – Jepang merupakan salah satu negara dengan industri otomotif terdepan di dunia. Banyak merek mobil asal Jepang yang populer di berbagai negara, termasuk Indonesia. Namun, apakah mobil-mobil yang laris di Indonesia juga laris di Jepang? Ternyata tidak.

Berdasarkan data yang dirilis oleh dua organisasi otomotif Jepang yaitu Japan Automobile Dealers Associations (JADA) dan National Federation of Light Vehicle Associations, Toyota Yaris berhasil menjadi mobil penumpang terlaris di Jepang selama semester pertama 2022 dengan penjualan sebanyak 81.580 unit. Yaris mengalahkan mobil-mobil lain seperti Toyota Corolla, Toyota Roomy, Nissan Note, dan Toyota Raize yang juga masuk dalam 10 besar mobil penumpang terlaris di Jepang.

Sementara itu, pada segmen kei car atau mobil berukuran kecil dengan kapasitas mesin maksimal 660 cc, Honda N-BOX mendominasi penjualan dengan angka sebesar 103.948 unit selama semester pertama 2022. N-BOX bahkan lebih laris dari Yaris dan menjadi mobil terlaris secara keseluruhan di Jepang. Mobil-mobil lain yang masuk dalam 10 besar kei car terlaris di Jepang antara lain Suzuki Spacia, Daihatsu Tanto, Daihatsu Move, dan Suzuki Wagon R.

Dari data tersebut, terlihat bahwa mobil-mobil yang laris di Jepang memiliki karakteristik yang berbeda dari mobil-mobil yang laris di Indonesia. Mobil-mobil yang laris di Jepang cenderung memiliki ukuran yang lebih kecil, hemat bahan bakar, dan ramah lingkungan. Hal ini sesuai dengan kondisi geografis, ekonomis, dan sosial budaya masyarakat Jepang.

Sedangkan mobil-mobil yang laris di Indonesia cenderung memiliki ukuran yang lebih besar, kapasitas penumpang yang lebih banyak, dan performa mesin yang lebih tinggi. Hal ini sesuai dengan kebutuhan dan preferensi masyarakat Indonesia yang mengutamakan kenyamanan, keamanan, dan prestise. Oleh karena itu, jangan harap menemukan mobil-mobil seperti Toyota Avanza, Fortuner, atau Innova yang menjadi andalan Toyota di Indonesia di daftar mobil terlaris di Jepang. Mobil-mobil tersebut tidak sesuai dengan pasar dan regulasi yang ada di Jepang. Bahkan, beberapa mobil tersebut tidak dipasarkan sama sekali di Jepang.

Exit mobile version