DaerahKesehatan

BKOW Riau Siap Bantu Turunkan Angka Stunting di Bumi Lancang Kuning

×

BKOW Riau Siap Bantu Turunkan Angka Stunting di Bumi Lancang Kuning

Sebarkan artikel ini
BKOW Riau Siap Bantu Turunkan Angka Stunting di Bumi Lancang Kuning

Pekanbaru, Riau – Badan Koordinasi Organisasi Wanita (BKOW) Provinsi Riau menyatakan kesiapannya untuk membantu pemerintah dalam menurunkan angka stunting di Riau. Hal ini disampaikan oleh Ketua Umum BKOW Provinsi Riau, Adrias Hariyanto, di Gedung Daerah Balai Serindit, Kota Pekanbaru, pada Kamis (2/5/2024).

“Kami siap mendukung program pemerintah, khususnya dalam menurunkan angka stunting di Provinsi Riau,” ujar Adrias, seperti dikutip dari Media Center Riau.

Adrias menjelaskan bahwa BKOW saat ini sedang menyusun program-program yang akan dijalankan bersama pengurus dan bersinergi dengan pemerintah serta pihak lainnya.

“Program kami akan sejalan dengan apa yang diharapkan pemerintah. Oleh karena itu, kami siap bergandengan tangan dengan pemerintah, karena tugas kami bersifat sosial,” tuturnya.

Baca Juga :   Banjarbaru Raih Penghargaan Bergengsi di Bidang Pendidikan

“Dengan semangat yang tinggi, kita akan memajukan Indonesia menuju Indonesia emas 2045,” pungkas Adrias.

Menanggapi hal tersebut, Penjabat (Pj) Gubernur Riau SF Hariyanto menyampaikan bahwa BKOW memiliki peran penting dalam menyukseskan program-program Pemerintah Provinsi Riau, termasuk dalam membantu mengatasi stunting.

“Alhamdulillah, kita telah berhasil menurunkan angka stunting dari 17 persen pada tahun 2023 menjadi 13,6 persen pada tahun 2024. Angka ini melampaui target yang ditetapkan pemerintah pusat sebesar 14 persen,” kata Hariyanto.

“Saya berharap melalui BKOW, kita dapat bekerja sama dalam menurunkan angka stunting di Provinsi Riau pada tahun 2025 menjadi satu digit. Melalui organisasi wanita, kita lebih mudah untuk berkomunikasi langsung dengan masyarakat di tingkat bawah,” harapnya.

Baca Juga :   Mengukuhkan Persatuan Pasca-Pilpres: Sosialisasi 4 Pilar MPR RI Bersama Haji Lalu Suhaimi Ismy

Penurunan angka stunting di Riau merupakan salah satu fokus utama pemerintah daerah. Stunting adalah kondisi terhambatnya pertumbuhan dan perkembangan fisik serta mental anak balita yang disebabkan oleh kekurangan gizi makro dan mikro, infeksi, dan faktor lainnya.

Upaya pencegahan stunting perlu dilakukan sejak dini, mulai dari masa kehamilan hingga anak berusia 2 tahun. Hal ini dapat dilakukan dengan memberikan asupan gizi yang seimbang, menjaga kebersihan lingkungan, dan melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *