Hewan Peliharaan

Imut Menggemaskan, tapi Butuh Perhatian! Ini Cara Tepat Merawat Anak Kucing Tanpa Induk

×

Imut Menggemaskan, tapi Butuh Perhatian! Ini Cara Tepat Merawat Anak Kucing Tanpa Induk

Sebarkan artikel ini
Ini Cara Tepat Merawat Anak Kucing Tanpa Induk
Image by freepic.diller on Freepik

Ini Cara Tepat Merawat Anak Kucing Tanpa Induk

Bagi pecinta kucing, menemukan anak kucing yang terlantar tanpa induknya tentu menggerakkan hati untuk menolong. Meski gemas dan menggemaskan, merawat anak kucing tanpa induk membutuhkan pengetahuan dan ketelatenan khusus. Pasalnya, mereka belum bisa mandiri dalam hal makan, buang air, dan menjaga suhu tubuhnya.

Artikel ini akan membahas cara tepat merawat anak kucing tanpa induk agar mereka bisa tumbuh sehat dan bahagia. Dengan penanganan yang benar, anak kucing lucu ini bisa menjadi hewan peliharaan kesayangan Anda.

Menyiapkan Tempat yang Hangat dan Nyaman

Anak kucing membutuhkan kehangatan seperti yang biasa mereka dapatkan dari induknya. Siapkan kotak atau keranjang yang telah melapisinya dengan handuk atau selimut lembut. Untuk menjaga kehangatan, Anda bisa menggunakan botol berisi air panas yang terbungkus handuk atau bantal penghangat listrik dengan pengaturan suhu minimal. Pastikan suhunya tidak terlalu panas agar tidak melukai anak kucing.

Pemberian Susu Formula Khusus

Anak kucing yang kehilangan induknya membutuhkan susu formula khusus. Jangan memberikan susu sapi atau susu formula bayi manusia karena kandungan nutrisi yang tidak sesuai dengan kebutuhan mereka. Susu formula khusus anak kucing bisa Anda dapatkan di pet shop atau klinik hewan. Memberikan susu melalui botol susu khusus dengan dot yang berukuran kecil sesuai mulut anak kucing. Biasanya anak kucing harus mendapat asupan susu setiap 2-3 jam sekali, terutama pada minggu-minggu pertama kelahirannya. Konsultasikan dengan dokter hewan untuk jadwal pemberian susu yang sesuai dengan usia anak kucing.

Stimulasi Buang Air dan Bersendawa

Setelah minum susu, anak kucing perlu distimulasi untuk buang air kecil dan besar. Biasanya induk kucing akan menjilati area genital dan anus anak kucing untuk membantu proses ini. Anda bisa mengimitasi perilaku tersebut dengan menggunakan kain basah, mengusapnya lembut pada area genital dan anus anak kucing. Selain itu, sentuhkan lembut punggung anak kucing ke arah bokong untuk membantu mereka mengeluarkan gas atau bersendawa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *