DaerahPertanian

Panen Raya Padi di Muara Enim Digelar, PJ Bupati Ajak Petani Tingkatkan Produktivitas

×

Panen Raya Padi di Muara Enim Digelar, PJ Bupati Ajak Petani Tingkatkan Produktivitas

Sebarkan artikel ini
Panen Raya Padi di Muara Enim Digelar, PJ Bupati Ajak Petani Tingkatkan Produktivitas

Muara Enim, Petani di Kelurahan Muara Enim, Kecamatan Muara Enim (Merenem) menggelar panen raya padi di Sawah Ataran Ulak Himbe seluas 25,08 hektar. Acara ini dihadiri langsung oleh Penjabat (Pj) Bupati Muara Enim, Ahmad Rizali, beserta jajaran Forkopimda, dan perwakilan PT Bukit Asam Tbk (PTBA).

Dalam sambutannya, Pj Bupati Rizali menyampaikan apresiasi kepada para petani atas kerja kerasnya dalam mencapai hasil panen padi rata-rata 7,68 ton Gabah Kering Panen (GKP) per hektar. Ia juga menyampaikan target produksi padi rata-rata di Kabupaten Muara Enim tahun ini sebesar 5,1 ton per hektar dengan target produksi sebesar 203 ribu ton GKP atau sekitar 182 ribu ton beras.

Baca Juga :  96 Pejabat Pemkot Malang Dilantik dan Fokus Peningkatan Kinerja dan Kompetensi

“Target ini mengalami peningkatan 1,5 persen dibandingkan target tahun 2023,” ujar Pj Bupati Rizali.

Lebih lanjut, Pj Bupati Rizali mengajak seluruh petani untuk terus bersemangat meningkatkan produktivitas pertanian. Hal ini penting untuk mencapai target produksi dan berkontribusi pada penurunan angka inflasi di daerah.

“Mari kita jadikan momentum panen raya ini sebagai penyemangat untuk terus meningkatkan produktivitas pertanian di Kabupaten Muara Enim,” ajaknya.

Pj Bupati Rizali juga menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam meningkatkan produktivitas pertanian, termasuk PTBA yang telah mendukung pembangunan irigasi di beberapa desa di Kecamatan Muara Enim.

“Dukungan PTBA ini sangat bermanfaat bagi peningkatan produksi pertanian di Kabupaten Muara Enim,” imbuhnya.

Baca Juga :  Inflasi Kota Malang Melandai di Tengah Momen Idulfitri, Sinergi TPID Jadi Kunci Malang

Meningkatkan Kesejahteraan Petani dan Mewujudkan Ketahanan Pangan

Dalam panen raya padi ini, Pj Bupati Rizali menegaskan bahwa upaya peningkatan produktivitas pertanian ini merupakan bagian dari komitmennya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, khususnya para petani. “Semua ini tak lain wujud ikhtiar kita untuk membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat, khususnya petani sehingga bermuara pada terwujudnya kemandirian dan ketahanan pangan di Bumi Serasan Sekundang,” pungkasnya.

Upaya Mencapai Target Produksi

Untuk mencapai target produksi padi yang telah ditetapkan, Pj Bupati Rizali menekankan beberapa langkah penting, di antaranya:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *