Peristiwa

Peringatan Bencana Hidrometeorologi di Gorontalo

×

Peringatan Bencana Hidrometeorologi di Gorontalo

Sebarkan artikel ini
Peringatan Bencana Hidrometeorologi di Gorontalo
Ilustrasi, Image by jplenio1 on FreepikImage by jplenio1 on Freepik

Waspada Bencana Hidrometeorologi! BMKG Gorontalo Prediksi Hujan Lebat dan Angin Kencang Sepekan ke Depan

Kota Gorontalo, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Djalaluddin Gorontalo mengimbau masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi bencana hidrometeorologi di wilayah Provinsi Gorontalo. Peringatan ini disampaikan seiring dengan perkembangan dinamika atmosfer yang menunjukkan adanya potensi cuaca ekstrem dalam sepekan ke depan.

“Saat ini wilayah Provinsi Gorontalo masih berada dalam musim hujan, ditambah dengan aktifnya gelombang Ekuatorial Rossby dan MJO, serta terdapat daerah pertemuan/belokan angin di wilayah Gorontalo,” ungkap Cucu Kusmayancu, Kepala Stasiun Meteorologi Djalaluddin, Selasa (30/4/2024).

Kondisi atmosfer tersebut, terang Cucu, berpotensi memicu pembentukan awan-awan konvektif masif yang dapat mengakibatkan hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai kilat/petir dan angin kencang di seluruh wilayah Provinsi Gorontalo.

Baca Juga :  Penemuan Mayat di Desa Cimara Sumedang, Polisi Pastikan Kematian Akibat Jatuh

“Masyarakat diimbau untuk mewaspadai potensi cuaca ekstrem yang dapat menyebabkan terjadinya bencana hidrometeorologi seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang, jalan licin, dan berkurangnya jarak pandang,” jelas Cucu.

Periode waspada potensi bencana hidrometeorologi ini ditetapkan selama sepekan ke depan, mulai dari tanggal 30 April hingga 6 Mei 2024. BMKG Gorontalo menghimbau kepada masyarakat dan instansi terkait untuk selalu mengikuti informasi terbaru terkait prakiraan cuaca, peringatan dini, dan perkembangan terkini melalui media sosial BMKG Gorontalo di Whatsapp, Facebook, Instagram, dan website resmi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *