DaerahPendidikan

Bunda PAUD Riau: Kurikulum Merdeka Asah Minat Bakat dan Bangun Karakter Anak Sejak Dini

×

Bunda PAUD Riau: Kurikulum Merdeka Asah Minat Bakat dan Bangun Karakter Anak Sejak Dini

Sebarkan artikel ini
Bunda PAUD Riau

Pekanbaru, Riau – Bunda PAUD Riau, Adrias Hariyanto, menegaskan bahwa Kurikulum Merdeka PAUD memiliki tujuan utama untuk mengasah minat dan bakat anak sejak dini dengan fokus pada pengembangan karakter dan potensi peserta didik. Menurutnya, pada usia emas 0-6 tahun, pembentukan karakter menjadi kunci utama dalam pengembangan PAUD.

“Pengembangan PAUD seharusnya lebih mementingkan pembentukan karakter. Untuk itu, sangat perlu diberikan materi yang bermanfaat,” ujar Adrias dalam Seminar Implementasi Kurikulum Merdeka Jenjang PAUD di Aula SMAN Pintar Teluk Kuantan, Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Provinsi Riau pada Senin (29/4/2024).

Lebih lanjut, Adrias menjelaskan bahwa guru PAUD memiliki peran penting sebagai pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, melatih, dan menilai peserta didik. Dalam menjalankan tugasnya, guru PAUD dituntut untuk memahami seluruh komponen Kurikulum Merdeka PAUD dan menjadi pengubah dalam proses pembelajaran.

Baca Juga :  Damkar Pekanbaru Meningkatkan Pelayanan dengan Penambahan Armada

“Kurikulum Merdeka PAUD tidak hanya memudahkan di dalam operasionalisasinya, tetapi akan menjadikan guru-guru sebagai penyedia pembelajaran yang handal dan mumpuni,” jelas Adrias.

Ia optimis bahwa dengan implementasi Kurikulum Merdeka PAUD, anak-anak di Riau akan mendapatkan pendidikan yang berkualitas dan holistik, sehingga mampu tumbuh dan berkembang menjadi generasi penerus bangsa yang berkarakter mulia dan memiliki potensi yang luar biasa.

Seminar Implementasi Kurikulum Merdeka Jenjang PAUD

Seminar yang diselenggarakan oleh Ikatan Guru Taman Kanak-kanak (IGTK) Provinsi Riau bersama IGTK Kuansing ini diikuti oleh ratusan guru PAUD dari berbagai daerah di Riau. Seminar ini bertujuan untuk memberikan bekal dan ilmu yang memadai kepada para guru PAUD dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka PAUD di satuan pendidikan masing-masing.

Baca Juga :  Prevalensi Stunting di Sergai Turun Drastis ke 14,4 Persen

Dalam seminar ini, para guru PAUD mendapatkan materi tentang berbagai aspek Kurikulum Merdeka PAUD, seperti filosofi, tujuan, struktur kurikulum, pembelajaran berdiferensiasi, asesmen, dan pengembangan profesionalisme guru.

Pentingnya Kurikulum Merdeka PAUD

Kurikulum Merdeka PAUD merupakan kurikulum yang baru diluncurkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek). Kurikulum ini memberikan keleluasaan yang lebih besar kepada sekolah dan guru dalam merancang pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan dan minat belajar anak.

Kurikulum Merdeka PAUD diharapkan dapat membantu anak-anak di Indonesia untuk mencapai potensi terbaiknya dan menjadi generasi penerus bangsa yang berkarakter mulia dan memiliki kompetensi yang unggul.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *