Otomotif

Wajib Paham! Tips Merawat Mesin Mobil Diesel Paling Penting dan Dasar

×

Wajib Paham! Tips Merawat Mesin Mobil Diesel Paling Penting dan Dasar

Sebarkan artikel ini
Mobil Diesel

Siarnews.com – Mobil diesel terkenal dengan ketangguhan dan ketahanannya. Namun, sama seperti mesin lainnya, mesin diesel pun memerlukan perawatan yang tepat agar performanya tetap optimal dan terhindar dari kerusakan yang mahal.

Biaya perbaikan mesin diesel yang jebol bisa mencapai puluhan juta rupiah. Memang, ada alternatif mesin diesel bekas, namun kualitasnya tidak selalu terjamin.

Oleh karena itu, penting bagi pemilik mobil diesel untuk memahami tips-tips penting dalam merawat mesin diesel agar tetap awet dan tahan lama. Berikut beberapa tips yang bisa Anda ikuti:

1. Panaskan Mesin Sebelum Berkendara

Langkah pertama dan paling dasar dalam merawat mesin diesel adalah dengan memanaskannya terlebih dahulu sebelum digunakan. Hal ini penting untuk membantu oli mesin melumasi seluruh komponen mesin dengan sempurna, terutama saat temperatur dingin. Panaskan mesin selama 5-10 menit sebelum memulai perjalanan.

Baca Juga :  KTM Sama Ratakan Status Empat Pembalapnya di MotoGP 2025

2. Gunakan Oli yang Tepat

Jenis oli yang digunakan pada mesin diesel berbeda dengan mesin bensin. Oli diesel diformulasikan khusus untuk menahan tekanan dan temperatur tinggi yang dihasilkan oleh mesin diesel. Pastikan Anda menggunakan oli diesel yang sesuai dengan spesifikasi mesin mobil Anda.

3. Rutin Ganti Filter Oli dan Filter Solar

Filter oli dan filter solar berfungsi untuk menyaring kotoran dan kontaminasi dari oli dan solar. Kotoran dan kontaminasi ini dapat merusak komponen mesin jika tidak dihilangkan. Ganti filter oli dan filter solar secara rutin sesuai dengan rekomendasi pabrikan mobil.

4. Gunakan Bahan Bakar Berkualitas

Kualitas bahan bakar solar sangat penting bagi performa dan ketahanan mesin diesel. Gunakan bahan bakar solar yang berkualitas dari SPBU terpercaya untuk menghindari kerusakan pada mesin. Hindari menggunakan solar campur atau solar yang terkontaminasi air.

Baca Juga :  Mandalika Genjot Daya Tarik: Armada Mobil Radical Bertambah 5 Unit

5. Periksa dan Bersihkan Injektor Secara Berkala

Injektor bertanggung jawab untuk menyemprotkan solar ke dalam ruang bakar. Injektor yang kotor atau tersumbat dapat menyebabkan pembakaran yang tidak sempurna, sehingga menghasilkan asap hitam dan performa mesin menurun. Periksa dan bersihkan injektor secara berkala di bengkel resmi atau bengkel terpercaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *