Olahraga

Kontingen Indonesia Raih Medali Pertama di ASEAN Schools Games 2024 Da Nang

×

Kontingen Indonesia Raih Medali Pertama di ASEAN Schools Games 2024 Da Nang

Sebarkan artikel ini
ASEAN Schools Games 2024 Da Nang

Da Nang – Kontingen Indonesia berhasil meraih medali pertama pada ajang 13th ASEAN Schools Games (ASG) 2024 di Da Nang, Vietnam. Tim vovinam Indonesia menyumbangkan medali perak dengan total 262 poin dari nomor Pair Sword melalui pasangan Made Nevan Nararya Tyaga Sirdhi dan I Kadek Yoga Mustika.

Persaingan Sengit di Cabang Vovinam

Tim vovinam Indonesia berhadapan dengan lima negara lainnya, yaitu Thailand, Vietnam, Kamboja, Laos, dan Myanmar. Dalam persaingan yang ketat, Thailand berhasil mengamankan medali emas dengan total 270 poin. Sementara itu, Vietnam yang mendapatkan total poin sama dengan Indonesia, yakni 262 poin, harus puas dengan medali perunggu. Hal ini terjadi karena tidak ada satupun juri dari lima juri yang memberikan angka 90 kepada wakil Vietnam, berbeda dengan Indonesia yang mendapat angka 90 dari juri kedua.

Baca Juga :  Murung Raya Sabet Juara Lawang Sakepeng Putra di Isen Mulang 2024

Penjelasan Pelatih dan Manajer Vovinam

Pelatih Kadek Apriyanti menjelaskan, “Tadi ada nilai kembar, tetapi internal poinnya kita menang, karena ada juri yang memberikan kita nilai 90, sehingga kita mendapat perak.” Atas prestasi ini, Manajer Vovinam Kontingen Indonesia, Dra. Agustien Rien Ariyanti, mengaku sangat bersyukur. Ia menekankan bahwa medali perak ini sangat berarti, terutama karena ini adalah penampilan perdana atlet pelajar Indonesia di ASG 2024 yang baru pertama kali mempertandingkan vovinam.

Syukur dan Apresiasi

“Syukur alhamdulillah atlet vovinam pelajar Indonesia mampu menyumbangkan medali pertama bagi tim Merah Putih yakni medali perak di ajang ASG 2024 ini,” tutur Ariyanti yang juga menjabat sebagai Perencana Ahli Madya di Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI.

Baca Juga :  Indonesia Bersiap Gelar Kejuaraan Dunia Barongsai, Menpora Dito Berikan Dukungan Penuh

Chef de Mission (CdM) Kontingen Indonesia, Andri Paranoan, juga menyampaikan rasa syukur dan apresiasinya atas perjuangan para atlet vovinam. “Ini menjadi pemicu semangat untuk cabang-cabang olahraga yang lain, terus bersemangat untuk terus berburu medali di ASEAN Schools Games tahun ini,” tegas Andri.

Semangat untuk Medali Selanjutnya

Perolehan medali perak dari cabang olahraga vovinam ini diharapkan dapat memotivasi seluruh kontingen Indonesia untuk terus berjuang meraih medali di berbagai cabang olahraga lainnya. Dengan semangat dan kerja keras, Indonesia optimis dapat meraih lebih banyak medali di ajang ASG 2024 ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *