NasionalOlahraga

Menpora Dito Ariotedjo: Proses Naturalisasi Akan Diperketat dengan Kontrol Lebih Ketat

×

Menpora Dito Ariotedjo: Proses Naturalisasi Akan Diperketat dengan Kontrol Lebih Ketat

Sebarkan artikel ini
Proses Naturalisasi Akan Diperketat dengan Kontrol Lebih Ketat
Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo menegaskan proses naturalisasi (foto: kemenpora.go.id)

Jakarta – Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI), Dito Ariotedjo, menegaskan bahwa proses naturalisasi saat ini merupakan strategi jangka pendek. Ke depan, proses ini akan diperketat dengan filter dan kontrol yang lebih ketat. Hal ini disampaikan Menpora Dito setelah mengikuti rapat kerja dengan Komisi X dan III DPR RI di Senayan, Jakarta, pada Senin (3/6) siang.

“Naturalisasi ke depan tidak akan dihentikan, tetapi filter dan kontrolnya yang harus diperhatikan. Proses naturalisasi ini, terutama bagi pemain diaspora kita, adalah strategi jangka pendek. Naturalisasi ini bertujuan untuk kepentingan Timnas, dan saat ini harus memiliki darah Indonesia,” jelas Menpora Dito.

Dalam rapat tersebut, Menpora Dito juga menyampaikan bahwa pemerintah, melalui Kemenpora dan PSSI, tidak tinggal diam dan terus memperhatikan proses pembibitan pemain nasional di Indonesia.

Baca Juga :  Jorge Martin: Favorit Juara MotoGP 2023

“Kemenpora bersama PSSI aktif dalam proses pembinaan jangka panjang dengan memperkuat talent scouting, peningkatan SDM kepelatihan, dan penguatan Liga. Dari sisi infrastruktur, Kemenpora telah membangun sport center di Cibubur, dan bahkan di Ibu Kota Negara (IKN) juga sudah dibangun lapangan sepak bola bertaraf internasional,” ujar Menpora Dito.

Peningkatan Prestasi Sepak Bola Nasional

Menpora Dito optimis bahwa dalam lima hingga sepuluh tahun mendatang, atlet nasional Indonesia akan mampu berprestasi di kancah internasional demi mengharumkan nama Merah Putih.

“Proses pembinaan ini diharapkan dapat membuahkan hasil dalam jangka panjang. Dengan infrastruktur yang semakin memadai dan pembinaan yang lebih baik, kita akan melihat lebih banyak atlet nasional yang berprestasi di panggung internasional,” tambahnya.

Baca Juga :  Kemenhub Dorong Percepatan Angkutan Umum Listrik di Jabodetabek untuk Udara Lebih Sehat

Manfaat Naturalisasi dalam Sepak Bola

Menpora Dito juga menyoroti beberapa manfaat dari proses naturalisasi yang telah dilakukan selama ini. Menurutnya, naturalisasi memberikan lebih banyak pilihan pemain berkualitas kepada pelatih, memungkinkan variasi dalam rancangan formasi tim, dan menciptakan persaingan serta dukungan yang positif antar pemain.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *