NasionalOlahraga

DPR Setujui Rekomendasi Kewarganegaraan untuk Calvin Verdonk dan Jens Raven

×

DPR Setujui Rekomendasi Kewarganegaraan untuk Calvin Verdonk dan Jens Raven

Sebarkan artikel ini
DPR Setujui Rekomendasi Kewarganegaraan untuk Calvin Verdonk dan Jens Raven
DPR Setujui Rekomendasi Kewarganegaraan untuk Calvin Verdonk dan Jens Raven. Foto : PSSI

Jakarta, Dalam rapat kerja bersama Menpora Ario Bimo Nandito Ariotedjo atau yang akrab disapa Dito Ariotedjo, Komisi X dan III DPR RI sepakat merekomendasikan kewarganegaraan Indonesia kepada dua calon pemain naturalisasi, Calvin Ronald Verdonk dan Jens Raven. Pertemuan yang berlangsung pada Senin (3/6) di Gedung DPR RI, Jakarta ini turut dihadiri oleh Sekjen PSSI Yunus Nusi serta anggota Komite Eksekutif PSSI Vivin Cahyani Sungkono.

Calvin Verdonk, yang saat ini bermain untuk klub NEC Nijmegen, hadir langsung dalam rapat tersebut. Sementara Jens Raven, pemain FC Dordrecht U-21, mengikuti rapat secara virtual dari Prancis, tempat ia tengah bertanding membela tim U-20 Indonesia di turnamen Toulon 2024.

Baca Juga :  337 Calon Bhayangkara Baru Siap Mengabdi di Sumatera Utara

Sekjen PSSI Yunus Nusi menyampaikan rasa syukur atas persetujuan rekomendasi proses naturalisasi tersebut. “Kami ucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Komisi X dan Komisi III DPR RI yang telah memberikan rekomendasi naturalisasi kepada Calvin Verdonk serta Jens Raven. Dukungan ini sangat penting untuk kemajuan sepak bola Indonesia,” ujar Yunus.

Yunus juga menegaskan harapan besar agar kedua pemain segera memperkuat tim nasional Indonesia. “Ada harapan dan ekspektasi kita untuk lolos ke Piala Dunia 2026 yang akan datang. Kami sangat mengharapkan dukungan dari seluruh anggota DPR,” tambahnya.

Mengenai proses rekrutmen pemain naturalisasi, Yunus menjelaskan bahwa Ketua Umum PSSI Erick Thohir telah membentuk Badan Tim Nasional Indonesia. Salah satu tugas badan ini adalah merekrut pemain-pemain naturalisasi atas rekomendasi pelatih dan direktur teknik PSSI. Kehadiran Verdonk dan Raven merupakan hasil rekomendasi pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong dan pelatih tim U-20 Indra Sjafri.

Baca Juga :  Kualitas SDM Jadi Fondasi Pertumbuhan Ekonomi Inklusif dan Setara, Menkeu: Reformasi Kesehatan Kunci!

Setelah mendapatkan persetujuan dari Komisi X dan III, proses naturalisasi akan berlanjut ke rapat paripurna DPR, sebelum akhirnya mencapai tahap Keputusan Presiden (Keppres). Tahap akhir dari proses ini adalah pengambilan sumpah kewarganegaraan oleh Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham), sebelum kedua pemain resmi berpindah federasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *