Nasional

Penerbangan Haji dan Umrah Semakin Lancar dengan Dibukanya Rute Baru

×

Penerbangan Haji dan Umrah Semakin Lancar dengan Dibukanya Rute Baru

Sebarkan artikel ini
Penerbangan Haji dan Umrah Semakin Lancar dengan Dibukanya Rute Baru

Penerbangan Haji dan Umrah Semakin Lancar, Indonesia dan Arab Saudi Sepakati Rute Baru

Jakarta, Menteri Perhubungan Republik Indonesia (Menhub RI), Budi Karya Sumadi, dan Menteri Haji dan Umrah Kerajaan Arab Saudi, Tawfiq Bin Fawzan Al-Rabiah, bertemu dalam pertemuan bilateral di Jakarta pada Selasa (30/4) untuk membahas kerja sama transportasi haji dan umrah.

Pertemuan tersebut menghasilkan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) terkait pengaturan angkutan udara oleh Dirjen Perhubungan Udara Kemenhub RI, Maria Kristi Endah Murni, dan Dirjen Perhubungan Udara Arab Saudi (GACA), Aldulaziz Abdullah Al-Duailej.

“Saya menyampaikan terima kasih atas kerja sama yang saling mendukung antara kedua negara, khususnya dalam mendukung penerbangan haji,” tutur Menhub Budi Karya Sumadi, seperti dikutip InfoPublik pada Rabu (1/5/2024).

Baca Juga :  Konflik Timur Tengah Memicu Kekhawatiran Krisis Energi Global

Penandatanganan jadwal rute baru ini diharapkan dapat meningkatkan jaringan maskapai penerbangan Indonesia dan Arab Saudi, serta memfasilitasi hubungan yang lebih baik antara kedua negara.

Penerbangan dari Seluruh Bandara Internasional Arab Saudi dan Indonesia Dibuka

Amandemen MoU yang disepakati pada tahun 2024 ini membuka rute penerbangan dari seluruh bandara internasional di Arab Saudi ke sejumlah bandara di Indonesia, yaitu Jakarta, Surabaya, Makassar, dan Denpasar.

Sebaliknya, penerbangan dari seluruh Bandara Internasional di Indonesia dapat mendarat di Jeddah, Riyadh, Dammam, Madinah, dan Taif.

Kerja Sama yang Lebih Luas Diharapkan

Selain membahas penerbangan haji dan umrah, Menhub Budi Karya Sumadi juga meminta dukungan bagi Garuda Indonesia untuk menambah slot time pada musim haji serta memindahkan terminal dari Terminal Haji ke Terminal 1 di Bandara Internasional Raja Abdulaziz-Jeddah.

Baca Juga :  Malaysia dan Jerman Tingkatkan Minat Investasi dan Kerjasama di IKN

“Kami meyakini jika hal ini dilakukan, penerbangan haji tahun ini akan lebih lancar,” lanjutnya.

Menhub Budi Karya Sumadi berharap kerja sama Indonesia dengan Arab Saudi tidak terbatas pada bidang penerbangan saja, namun dapat diperluas ke sektor lain di masa depan.

Menteri Tawfiq turut menyampaikan keinginannya untuk meningkatkan kerja sama transportasi antara Indonesia dan Arab Saudi, khususnya pada penerbangan haji dan umrah.

“Dengan jumlah jamaah haji Indonesia yang begitu besar, kami menyambut baik kesepakatan baru ini dan siap membantu jika ada tantangan ke depan,” ujarnya.

Penandatanganan MoU ini merupakan langkah positif dalam meningkatkan kelancaran dan kenyamanan bagi jamaah haji dan umrah dari kedua negara. Diharapkan dengan dibukanya rute baru ini, akses penerbangan haji dan umrah akan semakin mudah dan terjangkau bagi masyarakat Indonesia.

Baca Juga :  Digitalisasi Pelabuhan Indonesia: Efisiensi Melambung, Korupsi Terkikis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *