Militer

Elephant Walk F-35, Cara Amerika Pamer Kekuatan Udara

×

Elephant Walk F-35, Cara Amerika Pamer Kekuatan Udara

Sebarkan artikel ini
Elephant Walk F-35, Cara Amerika Pamer Kekuatan Udara
Elephant Walk F-35, Cara Amerika Pamer Kekuatan Udara. Reddit

siarnews.com – Amerika Serikat, sebagai negara adidaya, kerap kali memamerkan kekuatan militernya melalui berbagai cara, salah satunya Elephant Walk. Salah satu yang paling menarik perhatian yang melibatkan jet tempur siluman canggih mereka, F-35 Lightning II. Manuver ini bukan hanya sekadar unjuk gigi, melainkan sebuah pesan strategis yang tegas kepada dunia.

Elephant walk bukanlah sekadar parade pesawat biasa. Istilah ini merujuk pada taktik militer di mana sejumlah besar pesawat, dalam hal ini F-35, berbaris di landasan pacu sebelum lepas landas secara berurutan dalam waktu singkat. Pemandangan puluhan F-35 yang bergerak serempak bak kawanan gajah inilah yang menjadi asal muasal istilah tersebut.

Baca Juga :  Mengenal M142 HIMARS: Teknologi Terbaru dalam Artileri Roket

Tujuan Strategis di Balik Elephant Walk F-35

Lantas, apa tujuan Amerika Serikat melakukan elephant walk dengan armada F-35 mereka? Ada beberapa poin penting yang perlu digarisbawahi:

  1. Unjuk Kekuatan dan Kesiapan Tempur: Menjadi bukti nyata kekuatan udara Amerika Serikat. Dengan memamerkan puluhan F-35 yang siap tempur, mereka mengirimkan pesan tegas bahwa kekuatan militer mereka tidak bisa diremehkan.
  2. Pencegahan Konflik: Kehadiran armada F-35 yang begitu besar juga bisa menjadi pencegah potensi konflik. Negara-negara lain akan berpikir dua kali sebelum menantang Amerika Serikat yang memiliki kekuatan udara superior.
  3. Pelatihan dan Koordinasi: Bukan hanya sekadar pertunjukan, tetapi juga latihan berharga bagi para pilot dan awak darat. Mereka belajar untuk berkoordinasi dalam situasi yang menuntut kecepatan dan ketepatan.
  4. Dukungan Industri Dalam Negeri: Pameran kekuatan ini juga menjadi ajang promosi bagi industri pertahanan Amerika Serikat. F-35 merupakan salah satu proyek militer termahal dalam sejarah, dan menjadi kesempatan untuk menunjukkan kemampuan pesawat ini kepada calon pembeli dari negara lain.
Baca Juga :  Lockheed Martin Diunggulkan Menangkan Kontrak Jet Tempur Canggih

Pamer Jet Tempur Siluman Generasi Kelima

F-35 Lightning II bukanlah jet tempur biasa. Ia merupakan jet tempur generasi kelima yang dilengkapi teknologi siluman canggih. Kemampuannya untuk menghindari radar musuh menjadikannya aset berharga dalam pertempuran udara modern. Selain itu, F-35 juga memiliki kemampuan serangan darat yang mematikan, menjadikannya ancaman serius bagi musuh di berbagai medan pertempuran.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *