Kriminal

Waspada Kejahatan Siber: Sindikat Nigeria Tipu Perusahaan Real Estate Singapura Rp32 Miliar

×

Waspada Kejahatan Siber: Sindikat Nigeria Tipu Perusahaan Real Estate Singapura Rp32 Miliar

Sebarkan artikel ini
Waspada Kejahatan Siber, Sindikat Nigeria Tipu Perusahaan Real Estate Singapura Rp32 Miliar
Jakarta – Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri kembali mengingatkan masyarakat untuk mewaspadai modus kejahatan siber yang semakin canggih dan merugikan secara finansial. Salah satu modusnya yaitu penipuan melalui email palsu yang dibuat menyerupai email perusahaan terpercaya.

“Hati-hati apabila mendapatkan email dari alamat yang tidak dikenal,” kata Brigjen Pol. Himawan Bayu Aji, Direktur Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri, Rabu (8/5/2024).

Modus penipuan ini baru-baru ini terungkap oleh Bareskrim Polri dengan menangkap sindikat kejahatan siber yang menipu sebuah perusahaan real estate di Singapura hingga mengalami kerugian Rp32 miliar.

Kronologi penipuan bermula ketika perusahaan real estate tersebut hendak mengirimkan uang kepada rekanan bisnisnya. Namun, tanpa disadari, uang tersebut justru dikirim ke alamat email dan rekening palsu yang dibuat oleh sindikat penipuan.

Baca Juga :  Dua Pria Ditusuk Sekelompok Orang di Depan Depo Bangunan Denpasar, Pelaku Diburu Polisi

Sindikat ini dioperasikan oleh warga negara Nigeria yang berdomisili di Indonesia. Lima tersangka telah ditangkap, dua di antaranya merupakan warga negara Nigeria berinisial CO (O) dan EJA. Keduanya berperan merekrut warga negara Indonesia untuk mendirikan perusahaan fiktif dan melakukan penipuan business email compromise (BEC).

Sementara itu, tiga tersangka lainnya merupakan warga negara Indonesia berinisial DM alias L (38), YC (37), dan I (49). Salah satu tersangka, DM, merupakan residivis yang sudah dua kali melakukan kejahatan serupa di wilayah hukum Polda Metro Jaya dan Bareskrim Polri.

Kasus penipuan email palsu ini bukan yang pertama kalinya diungkap oleh Bareskrim Polri. Pada tahun 2021, Bareskrim juga berhasil membongkar kasus serupa dengan korban perusahaan di Korea Selatan.

Baca Juga :  Satresnarkoba Polres Situbondo Ungkap Jaringan Pengedar Sabu di Kilensari Panarukan, Dua Pelaku Ditangkap!

Masyarakat diimbau untuk selalu waspada terhadap email yang mencurigakan, terutama jika berasal dari alamat yang tidak dikenal. Pastikan selalu memverifikasi keaslian email sebelum melakukan transaksi keuangan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *