Kesehatan

BPJS Kesehatan Gandeng Pemda Percepat UHC 98% di Riau

×

BPJS Kesehatan Gandeng Pemda Percepat UHC 98% di Riau

Sebarkan artikel ini
BPJS Kesehatan Gandeng Pemda Percepat UHC 98% di Riau

BPJS Kesehatan Gandeng Pemda Percepat UHC 98% di Riau

Pekanbaru, Riau – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan (BPJS Kesehatan) bekerja sama dengan pemerintah daerah Provinsi Riau untuk mempercepat pencapaian Universal Health Coverage (UHC) 98%.

Hingga 1 April 2024, cakupan kepersertaan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) di Riau telah mencapai 97,46% dari total penduduk di semester I 2023. Hal ini menunjukkan komitmen kuat bersama pemda dalam memastikan akses kesehatan bagi seluruh masyarakat Riau.

“Meskipun telah mencapai kemajuan yang signifikan, masih terdapat dua kabupaten yang belum mencapai target UHC yaitu Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) dan Kabupaten Rokan Hilir (Rohil),” ungkap Asisten Deputi (Asdep) Kepersertaan dan Mutu Layanan Wilayah Sumbateng Jambi, Rizka Adhiati, di Kantor Gubernur Riau, Kamis (2/5/2024).

Baca Juga :  Tips Ampuh dan Alami Atasi Ketombe Basah Membandel

Untuk mengatasi hal ini, akan terus mengoptimalkan kepersertaan Program Bantuan Iuran Jaminan Kesehatan (PBI-JKN) dan Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) Pemerintah Daerah. Upaya ini dilakukan dengan memenuhi kuota sesuai rencana kerja yang telah disepakati.

Selain itu, juga akan melakukan pembersihan data cadangan Sistem Informasi Kesejahteraan Sosial Next Generation (SIKS-NG) yang sudah dinyatakan tidak valid. Hal ini bertujuan untuk memastikan validitas data peserta dan meminimalisir penyalahgunaan program JKN.

“Kami juga akan melakukan verifikasi dan validasi kepersertaan PBI JKN PBPU Pemda serta memastikan implementasi Instruksi Presiden nomor 1 tahun 2022 berjalan dengan baik,” ujar Rizka.

Dengan langkah-langkah strategis ini, optimis dapat mencapai target UHC 98% di Riau pada tahun 2024. Upaya ini diharapkan dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat dan mewujudkan akses kesehatan yang menyeluruh bagi semua warga Riau.

Baca Juga :  Kekurangan Dokter di Aceh Barat Capai 16 Orang, Layanan Kesehatan Terhambat

Upaya Strategis BPJS Kesehatan untuk Mempercepat UHC di Riau:

  • Mengoptimalkan kepersertaan PBI-JKN dan PBPU Pemda.
  • Membersihkan data cadangan SIKS-NG yang tidak valid.
  • Melakukan verifikasi dan validasi kepersertaan PBI JKN PBPU Pemda.
  • Memastikan implementasi Instruksi Presiden nomor 1 tahun 2022.

Dampak Positif UHC di Riau:

  • Meningkatkan taraf hidup masyarakat.
  • Mewujudkan akses kesehatan yang menyeluruh bagi semua warga Riau.
  • Meningkatkan kualitas hidup masyarakat Riau.

BPJS Kesehatan berkomitmen untuk terus bekerja sama dengan pemda dan seluruh pemangku kepentingan untuk mencapai UHC 98% di Riau. Dengan sinergi dan kolaborasi yang kuat, diharapkan seluruh masyarakat Riau dapat merasakan manfaat JKN dan hidup dengan sehat dan sejahtera.

Baca Juga :  Tim Dokter Kesehatan Polres Padang Panjang Memberikan Bantuan Kesehatan Bagi Korban Bencana Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *