Kesehatan

Demam Berdarah pada Anak: Kenali Gejala dan Lakukan Pertolongan Pertama yang Tepat

×

Demam Berdarah pada Anak: Kenali Gejala dan Lakukan Pertolongan Pertama yang Tepat

Sebarkan artikel ini
Ilustrasi Demam Berdarah
Ilustrasi Demam Berdarah. Image by jcomp on Freepik

siarnews.com – Setelah Anda mendeteksi gejala demam berdarah pada anak, langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah memberikan anak Anda istirahat yang cukup. Demam berdarah dapat menyebabkan kelelahan dan kelemahan pada tubuh anak, sehingga istirahat yang cukup sangat penting untuk membantu tubuhnya pulih. Pastikan anak Anda tidur dengan nyaman di tempat tidur yang bersih dan nyaman.

Selain istirahat, penting juga untuk menjaga anak Anda tetap terhidrasi. Demam berdarah dapat menyebabkan dehidrasi, sehingga penting untuk memberikan anak Anda cairan yang cukup. Anda dapat memberikan air putih, jus buah, atau minuman elektrolit yang mengandung elektrolit penting seperti natrium dan kalium. Pastikan anak Anda minum secara teratur untuk menjaga tubuhnya tetap terhidrasi.
Selain memberikan istirahat dan cairan yang cukup, Anda juga perlu mengontrol demam anak Anda. Demam berdarah biasanya disertai dengan demam tinggi yang dapat menyebabkan ketidaknyamanan pada anak. Untuk mengurangi demam, Anda dapat memberikan obat penurun demam yang sesuai dengan dosis yang tepat untuk usia anak Anda. Pastikan Anda mengikuti petunjuk dosis yang tertera pada kemasan obat dan berkonsultasilah dengan dokter jika Anda memiliki pertanyaan atau kekhawatiran.

Baca Juga :  Mojokerto Gencarkan Program Pencegahan Stunting: Ibu Hamil Diminta Tak Malas Minum Vitamin!

Selain langkah-langkah di atas, sangat penting juga untuk segera mencari bantuan medis jika gejala anak Anda semakin parah atau jika Anda mengalami pendarahan yang lebih serius. Demam berdarah dapat menyebabkan komplikasi serius jika tidak segera ditangani, seperti kegagalan organ dan syok. Oleh karena itu, jika anak Anda mengalami gejala yang mengkhawatirkan, segera hubungi dokter atau bawa anak Anda ke rumah sakit terdekat.
Dalam menghadapi demam berdarah pada anak, penting untuk tetap tenang dan mengikuti langkah-langkah yang tepat. Dengan melakukan pertolongan pertama yang tepat dan segera mencari bantuan medis jika diperlukan, Anda dapat membantu anak Anda pulih dengan cepat dan mencegah komplikasi serius yang mungkin terjadi.

Baca Juga :  9 Cara Ampuh Usir Mata Ikan yang Mengganggu, Bye Bye Kulit Kasar!

1. Kompres

Kompres dahi, ketiak, dada, dan selangkangan anak dengan air hangat. Hindari menggunakan air dingin karena dapat menyebabkan anak menggigil.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *