Gaya Hidup

Tips Jitu Merawat Lemari Kayu Agar Awet Bertahun-tahun

×

Tips Jitu Merawat Lemari Kayu Agar Awet Bertahun-tahun

Sebarkan artikel ini
Lemari kayu

Siarnews.com – Lemari kayu yang diletakkan terlalu dekat dengan dinding dapat menyebabkan kelembapan dan jamur. Berikan jarak minimal 5 cm antara lemari dan dinding untuk memastikan sirkulasi udara yang baik. Hindari juga menempatkan lemari kayu di bawah sinar matahari langsung. Paparan sinar matahari yang berlebihan dapat memudarkan warna kayu dan membuatnya retak. Tempatkan lemari di ruangan yang teduh dan kering untuk menjaga kondisinya tetap optimal.

Hindari Alas Kertas Koran

Kebiasaan lama menggunakan kertas koran sebagai alasnya ternyata dapat berakibat fatal. Kertas koran justru dapat menjebak kelembapan dan menarik rayap. Gunakan alas kain atau alas anti lembab yang terbuat dari bahan sintetis untuk melindungi bagian bawah lemari kayu anda. Alas ini dapat membantu menjaga lemari tetap kering dan terhindar dari hama.

Baca Juga :  7 Tanda Anda Teman Bermasalah, Introspeksi Diri Segera

Bersihkan Lemari Secara Rutin

Membersihkan lemari secara rutin adalah kunci untuk menjaga keawetannya. Gunakan kain microfiber yang lembut dan sedikit lembab untuk membersihkan permukaan lemari. Hindari penggunaan bahan kimia keras yang dapat merusak kayu. Lakukan pembersihan menyeluruh secara berkala, minimal sebulan sekali. Bongkar isi lemari dan bersihkan setiap sudut dan raknya. Gunakan vacuum cleaner untuk membersihkan debu dan kotoran yang menempel.

Keringkan Isi Lemari dengan Hair Dryer

Lemari kayu yang lembap dapat menjadi tempat ideal bagi jamur untuk berkembang biak. Untuk mencegah hal ini, gunakan hair dryer untuk mengeringkan bagian dalam lemari setelah dibersihkan. Atur suhu hair dryer pada tingkat sedang dan keringkan secara merata. Hindari penggunaan suhu panas yang berlebihan karena dapat merusak kayu.

Baca Juga :  Hindari 5 Kesalahan Pola Asuh Ini untuk Anak Laki-laki

Letakkan Kapur Barus

Kapur barus tidak hanya efektif untuk mencegah bau apek pada pakaian, tetapi juga dapat membantu menjaga kelembapannya. Letakkan beberapa kapur barus di setiap sudut lemari. Kapur barus akan menyerap kelembapan dan mencegah jamur tumbuh.

Lapisi Lemari dengan Vernis

Vernis dapat memberikan lapisan pelindung pada permukaan kayu dan membuatnya lebih tahan lama. Pilihlah vernis yang berkualitas tinggi dan sesuai dengan jenis kayu lemari anda. Oleskan vernis secara tipis dan merata pada permukaan lemari. Biarkan vernis mengering sempurna sebelum menggunakan lemari kembali.

Lakukan Perawatan Segera Jika Ada Kerusakan

Jika anda menemukan kerusakan pada lemari kayu, seperti goresan, retakan, atau lubang, segera lakukan perbaikan. Semakin lama kerusakan dibiarkan, semakin parah kerusakannya dan semakin sulit untuk diperbaiki. Anda dapat melakukan perbaikan ringan sendiri atau mencari jasa profesional untuk menangani kerusakan yang lebih besar.

Baca Juga :  Hidup Nggak Cuma Gitu-Gitu Aja, 10 Kebiasaan Baru Bikin Semangat!

Gunakan Dehumidifier

Jika anda tinggal di daerah yang lembab, penggunaan dehumidifier dapat membantu menjaga kelembapan udara di dalam ruangan. Hal ini dapat membantu mencegah jamur tumbuh pada lemari kayu anda.

Periksa Lemari Secara Berkala

Luangkan waktu untuk memeriksanya secara berkala, minimal sebulan sekali. Pastikan tidak ada kerusakan, jamur, atau hama yang menyerang lemari anda. Dengan mengikuti tips-tips di atas, anda dapat menjaga lemari kayu kesayangan anda tetap awet dan tahan lama selama bertahun-tahun. Lemari kayu yang terawat dengan baik tidak hanya akan mempercantik ruangan anda, tetapi juga dapat menjadi warisan berharga bagi keluarga anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *