EkonomiNasional

Kemenparekraf dan Otorita IKN Siapkan 300-400 UMKM untuk HUT ke-79 RI di IKN

×

Kemenparekraf dan Otorita IKN Siapkan 300-400 UMKM untuk HUT ke-79 RI di IKN

Sebarkan artikel ini
Kemenparekraf dan Otorita IKN Siapkan 300-400 UMKM untuk HUT ke-79 RI di IKN

Jakarta, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) bersama Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) bersiap menyemarakkan HUT ke-79 RI di IKN dengan melibatkan 300-400 UMKM lokal.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, bersama Otorita IKN, meninjau langsung progres pembangunan IKN dan persiapan perayaan HUT ke-79 RI. Dalam kunjungannya, Sandiaga Uno menekankan pentingnya pemberdayaan UMKM untuk memeriahkan kemerdekaan di ibukota baru.

Pembinaan UMKM melalui Program BEDAKAN

Upaya pemberdayaan UMKM ini direalisasikan melalui Program BEDAKAN (Bedah, Desain, Kemasan) Tahap ke-17 yang bertempat di Swiss-Belhotel Balikpapan pada 30 April 2024. Program ini merupakan hasil kolaborasi Otorita IKN, Kemenparekraf, PT Astra Graphia Tbk, Yayasan Bina Insani Gemilang Indonesia (BIG Indonesia), Asosiasi Program Studi Desain Komunikasi Visual (Asprodi DKV), dan Balikpapan Pos.

Baca Juga :  Kolaborasi Huawei dan Pemerintah Indonesia Perkuat Ekosistem EHS

Kegiatan bertajuk ‘Kolaborasi Pentahelix dalam Pengembangan Ekonomi Kreatif di IKN’ ini bertujuan untuk memberikan pendampingan, edukasi, dan peningkatan ekonomi bagi para pelaku UMKM di wilayah IKN dan sekitarnya.

Kurasi dan Pendampingan Intensif

Proses pembinaan diawali dengan kurasi 417 UMKM binaan di wilayah IKN dan sekitarnya. Dari jumlah tersebut, 50 UMKM terpilih untuk mengikuti pembekalan dan pendampingan lebih lanjut. Tahap selanjutnya, 25 UMKM dengan potensi terbaik akan mendapatkan pendampingan intensif melalui program BEDAKAN, termasuk desain kemasan produk oleh desainer profesional.

Direktur Kebudayaan dan Ekonomi Kreatif Otorita IKN, Muhsin Palinrungi, menjelaskan bahwa pendampingan ini diberikan secara gratis, termasuk 1.000 kemasan produk. Diharapkan, para UMKM dapat melanjutkan desain dan produksi kemasan secara mandiri dan berkelanjutan.

Baca Juga :  Presiden Jokowi dan Menteri ATR/BPN AHY Serahkan Sertifikat Tanah Elektronik di Banyuwangi

Muhsin menaruh harapan besar para UMKM binaan dapat memasarkan produknya di perhelatan HUT ke-79 RI di IKN.

Meningkatkan Penjualan dan Menciptakan Lapangan Kerja

Sejalan dengan Muhsin, Sandiaga Uno juga menyampaikan harapannya kepada para pelaku UMKM untuk meningkatkan penjualan dan menciptakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat sekitar.

Sandiaga Uno menekankan pentingnya model bisnis yang berkelanjutan dengan meningkatkan penjualan, pendapatan, dan menekan biaya produksi. Ia meyakini UMKM yang sukses mampu menjaga pendapatan stabil dan meningkatkannya, dengan menekan biaya produksi seefisien mungkin.

“Saya harapkan semua peserta dapat meningkatkan penjualannya dan bisa menciptakan lapangan kerja, karena sebenarnya yang menciptakan lapangan kerja adalah usaha kecil,” tutur Sandiaga.

Baca Juga :  Malaysia dan Jerman Tingkatkan Minat Investasi dan Kerjasama di IKN

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *