Daerah

Pembangunan Infrastruktur di Jambi Meningkatkan Akses Pedesaan

×

Pembangunan Infrastruktur di Jambi Meningkatkan Akses Pedesaan

Sebarkan artikel ini
Pembangunan Infrastruktur di Jambi Meningkatkan Akses Pedesaan

Jambi – Dalam rangka meningkatkan akses dan infrastruktur di pedesaan, Pemerintah Provinsi Jambi telah mengumumkan fokus pada pembangunan jalan yang akan menghubungkan Desa Rantau Kermas dengan Desa Tanjung Kasri pada tahun 2024, dan rencana perluasan hingga Desa Renah Kemumu pada tahun berikutnya.

Gubernur Jambi, Al Haris, menyatakan komitmen ini saat menghadiri acara Kenduri Sko di Gedung Adat Depati Karti Mudo Menggalo, Desa Renah Alai. Acara ini merupakan simbol persatuan dan warisan budaya, dihadiri oleh masyarakat Lembaga Adat Dusun Tigo dengan antusiasme yang tinggi.

“Kita akan menggunakan Dana APBN sebesar Rp50 Miliar untuk membangun jalan dari Rantau Kermas sampai Tanjung Kasri tahun ini, dan setelah itu, kita akan melanjutkan pembangunan hingga ke Renah Kemumu,” ujar Al Haris, yang juga bergelar Datuk Mangkubumi Setio Alam.

Baca Juga :  APTRI Blora Siap Perjuangkan Nasib Petani Tebu Blora

Kenduri Sko, yang diadakan di Kabupaten Merangin, adalah tradisi yang menunjukkan rasa syukur kepada Tuhan yang Maha Esa dan merupakan bagian penting dari identitas budaya masyarakat setempat. Sekretaris Daerah Kabupaten Merangin, Fajarman, menekankan pentingnya acara ini sebagai ekspresi syukur atas rezeki yang diberikan2.

Selain itu, Gubernur Al Haris juga memberikan bantuan modal kerja sebesar Rp55 Juta kepada pelaku UMKM di Kecamatan Jangkat. Bantuan lainnya termasuk bibit cabai merah dan saprodi 1 Hektare untuk Kelompok Tani Air Terjun, serta bantuan serupa untuk Kelompok Tani Rukun Keluarga. Bantuan tambahan mencakup Padi Sawah 25 Hektare di Kecamatan Jangkat, Padi Sawah di Kecamatan Jangkat Timur, dan Power Treser 1 Unit untuk Kelompok Tani Bukit Pandan.

Baca Juga :  Damkar Pekanbaru Meningkatkan Pelayanan dengan Penambahan Armada

Inisiatif ini menandai langkah penting dalam pembangunan infrastruktur di Jambi dan pelestarian budaya melalui Kenduri Sko, yang keduanya diharapkan dapat membawa kemajuan dan kesejahteraan bagi masyarakat setempat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *