Daerah

Konsumsi BBM di Sumbar Melonjak 44% Saat Mudik Lebaran 2024, Pertamina Siaga Penuhi Kebutuhan

×

Konsumsi BBM di Sumbar Melonjak 44% Saat Mudik Lebaran 2024, Pertamina Siaga Penuhi Kebutuhan

Sebarkan artikel ini
Konsumsi BBM di Sumbar Melonjak 44%

Padang, PT Pertamina Patra Niaga Regional Sumatra Bagian Utara (Sumbagut) mencatat lonjakan konsumsi Bahan Bakar Minyak (BBM) selama mudik Hari Raya Idul Fitri 1445 H di Sumatra Barat (Sumbar). Kenaikan paling signifikan terjadi pada produk gasoline (Pertalite, Pertamax, dan Pertamax Turbo) yang mencapai 44%.

“Rata-rata konsumsi BBM gasoline pada H-1 dan H-2 Idulfitri 2024 mengalami peningkatan hingga 44% dibandingkan konsumsi normal pada Januari 2024,” ujar Area Manager Comm, Rel & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut, Susanto August Satria, dalam keterangan persnya, Sabtu (20/4/2024).

Dibandingkan dengan tahun 2023, konsumsi gasoline pada H-1 dan H-2 Idulfitri 2024 sebenarnya sedikit lebih rendah, yaitu 0,3%. Namun, dibandingkan dengan rata-rata konsumsi Januari 2024, konsumsi Pertalite naik 45% dari 1.860 KL per hari menjadi 2.688 KL per hari.

Baca Juga :  51 Rekomendasi DPRD Agam untuk LKPJ Bupati 2023: Fokus Peningkatan PAD, SOTK, dan Kinerja Perangkat Daerah

Penurunan konsumsi gasoil (Biosolar, Dex Series) sebesar 48% menjadi 684 KL per hari dari rata-rata harian 1.310 KL per hari diyakini karena pembatasan angkutan industri dan libur kegiatan industri di Sumbar.

Pertamina Siaga Penuhi Kebutuhan BBM

Untuk mengantisipasi lonjakan konsumsi BBM, Pertamina Patra Niaga telah membentuk Satuan Tugas (Satgas) Ramadan dan Idulfitri (RAFI) 2024. Satgas RAFI ini bertugas memastikan kelancaran stok dan distribusi energi di Sumbar selama periode Ramadan dan Idul Fitri.

Pertamina Patra Niaga juga menyediakan berbagai layanan khusus, seperti menyiagakan 18 motoris BBM, 31 mobil tangki stand by (SPBU Kantong), 6 Modular di jalur tol dan wisata, 381 SPBU Siaga, 813 Agen LPG Siaga, 81 SPPBE Siaga, dan 7 posko kesehatan di wilayah Sumbagut.

Baca Juga :  Forum Sekretaris Daerah dan Apeksi Gelar FGD Bahas Pengangkatan ASN Baru

“Terima kasih atas dukungan semua pihak, khususnya kepolisian yang telah melakukan pengawalan terhadap mobil tangki BBM. Pertamina Patra Niaga terus berkomitmen untuk memenuhi kebutuhan energi bagi masyarakat,” jelas Irto Petrus Ginting, Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *