Daerah

Waspada Banjir Bandang dan Tanah Longsor! BPBD Bener Meriah Imbau Masyarakat Siaga

×

Waspada Banjir Bandang dan Tanah Longsor! BPBD Bener Meriah Imbau Masyarakat Siaga

Sebarkan artikel ini
Waspada Banjir Bandang dan Tanah Longsor! BPBD Bener Meriah Imbau Masyarakat Siaga

Bener Meriah, Aceh – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bener Meriah, Aceh, mengimbau masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi bencana banjir bandang dan tanah longsor. Menyampaikan peringatan ini, seiring dengan prediksi cuaca dari BMKG, yang menunjukkan potensi hujan deras selama sepekan ke depan.

“BMKG telah merilis peringatan dini terkait potensi peningkatan curah hujan. Dengan intensitas bervariasi di wilayah Bener Meriah,” ungkap Kepala Pelaksana BPBD Bener Meriah, Safriadi, pada Kamis (18/4/2024).

Menindaklanjuti peringatan tersebut, BPBD Bener Meriah mengimbau masyarakat. Terutama yang tinggal di daerah rawan bencana, untuk selalu waspada dan bersiap siaga.

“Kami imbau masyarakat, khususnya yang bermukim di bantaran sungai dan lereng tebing. Untuk lebih waspada terhadap potensi terjadinya banjir bandang dan tanah longsor,” ujar Safriadi.

Baca Juga :  SAKIP dan RB Jadi Kunci Tata Kelola Pemerintahan Baik Nagan Raya, KemenPANRB Siap Dampingi

Menurut Safriadi, kombinasi berbagai fenomena atmosfer berpotensi memicu hujan dengan intensitas sedang hingga lebat. Serta petir dan angin kencang yang mengiringinya. Hal ini dapat mengakibatkan berbagai dampak. Seperti banjir, tanah longsor, genangan air, angin kencang, pohon tumbang, dan jalan licin.

Masyarakat diimbau untuk memahami potensi bencana di lingkungan tempat tinggalnya dan mulai menerapkan langkah-langkah pengurangan risiko, seperti:

  • Tidak membuang sampah sembarangan
  • Melakukan gotong royong menjaga kebersihan lingkungan
  • Menata lingkungan sekitar agar terhindar dari genangan air
  • Selalu memantau informasi cuaca terkini dari sumber terpercaya

“Dengan meningkatkan kewaspadaan dan persiapan yang matang, kita dapat meminimalisir dampak dari potensi bencana Banjir Bandang dan Tanah Longsor,” pungkas Safriadi.

Baca Juga :  Pelantikan 50 Pejabat Lamongan untuk Membawa Perubahan dan Kemajuan Baru

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *