DaerahPeristiwa

Tanah Datar Dilanda Banjir Bandang dan Longsor, Bupati Eka Putra Langsung Turun Tangan

×

Tanah Datar Dilanda Banjir Bandang dan Longsor, Bupati Eka Putra Langsung Turun Tangan

Sebarkan artikel ini
Tanah Datar Dilanda Banjir Bandang dan Longsor

Tanah Datar – Musibah banjir bandang dan longsor melanda wilayah Tanah Datar pada Sabtu (11/5/2024). Mendengar kabar tersebut, Bupati Eka Putra langsung menunda agenda dinasnya di luar daerah dan bergegas kembali ke kampung halaman pada Minggu (12/5/2024).

Setibanya di lokasi bencana, Eka Putra langsung mengunjungi Jorong Panti Nagari Rambatan di Kecamatan Rambatan. Di sana, ia menemui dan memberikan semangat kepada masyarakat yang terdampak musibah.

“Saya harap masyarakat tetap tenang dan tidak mudah termakan isu yang tidak benar,” ujar Eka Putra. Ia menegaskan bahwa pemerintah daerah akan bekerja keras untuk segera menyelesaikan dampak bencana ini.

“Bersama pemerintah provinsi dan pusat, kami akan terus mencari dan mengevakuasi masyarakat yang masih hilang,” imbuhnya.

Baca Juga :  Meningkatkan Kualitas Hasil Panen: Sleman Gelar Bimtek Pascapanen Tanaman Pangan

Eka Putra juga telah menginstruksikan Sekda dan instansi terkait untuk segera mendirikan Posko Utama di Indojolito dan posko-posko lainnya di kecamatan terdampak.

“Selain posko, dinas terkait juga sudah mengerahkan alat berat untuk membersihkan material longsor di jalan dan jembatan agar transportasi bisa kembali lancar. Dinas sosial juga sudah menyalurkan logistik kepada para pengungsi,” jelas Eka Putra.

Di kesempatan tersebut, Eka Putra menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh pihak yang terlibat dalam penanganan bencana, seperti Satgas PB Nagari, relawan, jajaran Polri, TNI, dinas kesehatan, PMI, perhubungan, dan instansi lainnya.

“Saya ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang bekerja tanpa kenal lelah. Semoga amal ibadah mereka dibalas oleh Allah SWT. Saya juga berterima kasih kepada pihak-pihak yang telah membantu memberikan bantuan berupa logistik dan sebagainya untuk masyarakat kami,” tuturnya.

Baca Juga :  BUMD Jawa Timur Dihadapkan Tiga Masalah Krusial, DPRD Jatim Dorong Solusi Sistem Kerjasama Operasi dan Pembenahan SDM

Selanjutnya, Eka Putra meninjau lokasi banjir bandang di Nagari Parambahan dan Posko Pengungsian di sana. Ia didampingi oleh Wakil Ketua DPRD Tanah Datar Anton Yondra, anggota DPRD Provinsi Sumbar terpilih Zuldafri Darma, Kadis KUKMP Hendra Setiawan, Kaban Kesbangpol Herison, Camat Lima Kaum Ikrar Pahlepi, Wali Nagari, dan tokoh masyarakat setempat.

Peninjauan dilanjutkan ke Simpang Manunggal Lima Kaum untuk melihat kondisi jalan dan jembatan serta proses pembersihan material longsor.

Eka Putra menegaskan bahwa pemerintah daerah akan terus berupaya untuk membantu masyarakat yang terdampak bencana ini dan memulihkan kondisi Tanah Datar secepat mungkin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *