Daerah

Lampung Craft 2024 Tutup dengan Sukses, Transaksi Capai Rp 1,737 Miliar!

×

Lampung Craft 2024 Tutup dengan Sukses, Transaksi Capai Rp 1,737 Miliar!

Sebarkan artikel ini
Lampung Craft 2024 Tutup dengan Sukses

Bandar Lampung, Pameran Lampung Craft ke-5 2024 resmi ditutup oleh Gubernur Arinal Djunaidi di Gedung Graha Wangsa, Sabtu (11/5/2024). Acara penutupan ini menandai berakhirnya pameran kerajinan terbesar dan terlengkap di Lampung yang menghadirkan karya terbaik dari para pengrajin lokal.

Gubernur Arinal dalam sambutannya menyampaikan rasa bangganya atas kesuksesan Lampung Craft 2024. Menurutnya, pameran ini bukan hanya menjadi ajang promosi produk kerajinan, tetapi juga wujud nyata kekayaan budaya dan kreativitas para pengrajin Lampung.

“Lampung Craft bukan sekadar pameran, tapi juga wujud kekayaan budaya dan kreatifitas Lampung,” ujar Arinal.

Lebih lanjut, Arinal optimis bahwa ini dapat menjadi agenda tahunan yang diperhitungkan di kancah nasional. Ia menekankan pentingnya konsistensi dan peningkatan kualitas penyelenggaraan untuk mencapai hal tersebut.

Baca Juga :  Kabupaten Bandung Berusia 383 Tahun, Pj Gubernur Jabar Tekankan Pentingnya Kualitas SDM untuk Pembangunan Ekonomi Berkelanjutan

Pemerintah Provinsi Lampung, kata Arinal, berkomitmen untuk terus mendukung perkembangan UMKM dan meningkatkan kesejahteraan para pengrajin. Salah satu fokus utama adalah memperluas pasar wastra Lampung melalui promosi di tingkat lokal dan nasional, serta partisipasi dalam berbagai pameran dan festival seni.

Ketua Dekranasda Provinsi Lampung, Riana Sari Arinal, menambahkan bahwa Lampung Craft 2024 bukan hanya tentang promosi, tetapi juga edukasi bagi para pengrajin melalui talkshow, seminar, dan sosialisasi.

“Selain promosi, edukasi bagi para pengrajin juga penting,” ungkap Riana.

Upaya tersebut membuahkan hasil, terbukti dengan total transaksi selama lima hari pameran mencapai Rp 1,737 miliar. Penjualan produk kerajinan menjadi penyumbang terbesar, menunjukkan peningkatan minat masyarakat terhadap karya pengrajin lokal.

Baca Juga :  Dinas BMCKTR Provinsi Sumbar Membersihkan Material Longsor di Jalur Malalak

“Ini menunjukkan minat masyarakat terhadap karya pengrajin etnik daerah semakin meningkat,” kata Riana.

Riana berharap kesuksesan Lampung Craft 2024 tidak membuat berpuas diri. Dekranasda Provinsi Lampung akan terus berinovasi dan menghadirkan ide-ide baru untuk kemajuan kerajinan Lampung.

“Saya optimis kerajinan Lampung akan semakin berkembang dan menjadi kebanggaan masyarakat Lampung,” pungkasnya.

Di akhir acara, diumumkan bahwa Kabupaten Pringsewu akan menjadi tuan rumah penyelenggaraan Lampung Craft 2025.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *