Daerah

Banjir Bandang Melanda Kota Padang Panjang di Sumatera Barat

×

Banjir Bandang Melanda Kota Padang Panjang di Sumatera Barat

Sebarkan artikel ini
Banjir Bandang Melanda Kota Padang Panjang

Banjir Bandang Terjang Padang Panjang, 3 Orang Hilang dan 6 Rumah Terendam

Padang, CNBC Indonesia – Hujan deras disertai meluapnya air Sungai Lubuk Mata Kucing memicu banjir bandang di Kota Padang Panjang, Sumatera Barat pada Sabtu (11/5/2024) malam. Banjir yang terjadi sekitar pukul 22.00 WIB ini merendam beberapa wilayah, di antaranya Kelurahan Pasar Usang dan Silaing Bawah di Kecamatan Padang Panjang Barat, serta Kelurahan Sigando dan Ekor Lubuk di Kecamatan Padang Panjang Timur.

Menurut informasi dari Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), banjir ini menyebabkan 3 orang warga hilang dan 6 rumah terendam. “Dua unit warung juga terseret arus banjir,” ungkap Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari.

Baca Juga :  Murung Raya Sabet Juara Lawang Sakepeng Putra di Isen Mulang 2024

Tim gabungan dari BPBD Kota Padang Panjang dan instansi terkait telah melakukan pencarian terhadap 3 orang yang hilang tersebut. Hingga Minggu (12/5/2024), satu orang telah berhasil ditemukan dalam keadaan selamat, sementara 2 orang lainnya masih dalam pencarian.

Banjir bandang ini juga mengakibatkan putusnya Jalan Akses Simpang Lubuk Mata Kucing menuju Nagari Singgalang di Kecamatan X Koto, Kabupaten Tanah Datar. “Tempat Pemandian Lubuk Mata Kucing juga hanyut terbawa arus sungai,” kata Abdul Muhari.

Di Kelurahan Silaing Bawah, luapan air Sungai Batang Aia Sangkua mengakibatkan 2 unit rumah di pinggiran sungai hanyut.

Saat ini, BPBD Kota Padang Panjang bersama instansi terkait masih terus melakukan evakuasi warga terdampak dan melakukan kajian cepat untuk penanganan lebih lanjut.

Baca Juga :  51 Rekomendasi DPRD Agam untuk LKPJ Bupati 2023: Fokus Peningkatan PAD, SOTK, dan Kinerja Perangkat Daerah

Sumber : Info Publik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *