Budaya

Festival Budaya Isen Mulang 2024 Kembali Digelar, Semarakkan Hari Jadi ke-67 Provinsi Kalteng

×

Festival Budaya Isen Mulang 2024 Kembali Digelar, Semarakkan Hari Jadi ke-67 Provinsi Kalteng

Sebarkan artikel ini
Festival Budaya Isen Mulang 2024 Kembali Digelar

Palangka Raya, Kalteng – Semarak Hari Jadi ke-67 Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) akan semakin meriah dengan kembali digelarnya Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) 2024. Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kalteng telah mempersiapkan berbagai perlombaan seni budaya, olahraga tradisional, dan kearifan lokal untuk memeriahkan acara yang akan berlangsung pada 17-23 Mei 2024 ini.

“Berbagai tempat di Palangka Raya akan menjadi arena perlombaan, seperti halaman GOR Serbaguna, Bundaran Besar, bawah Jembatan Kahayan, Flamboyan Bawah, dan Swiss Belhotel Danum Palangka Raya,” ujar Kepala Disbudpar Kalteng, Adiah Chandra Sari, Jumat (19/4/2024).

Adiah berharap FBIM 2024 dapat dinikmati oleh seluruh masyarakat Kalteng. “Festival ini tidak hanya menjadi pertunjukan budaya, tetapi juga ajang untuk melestarikan dan memperkenalkan kekayaan budaya Kalteng kepada generasi muda,” imbuhnya.

Baca Juga :  Menelusuri Pesona dan Makna Mendalam Kain Tenun Ulos

Berbagai persiapan telah dilakukan untuk menyukseskan FBIM 2024, termasuk melibatkan seniman, peserta, dan masyarakat umum. “Kesuksesan FBIM 2024 membutuhkan kerjasama semua pihak,” kata Adiah.

FBIM 2024 diharapkan dapat menjadi daya tarik wisata dan meningkatkan kunjungan wisatawan ke Kalteng. “Festival ini juga menjadi bukti komitmen Pemprov Kalteng dalam melestarikan dan mengembangkan budaya daerah,” pungkas Adiah.

Tentang Budaya Isen Mulang

Budaya Isen Mulang merupakan warisan budaya Suku Dayak di Kalimantan Tengah yang diwujudkan dalam sebuah festival tahunan bernama Festival Budaya Isen Mulang (FBIM).

Isen Mulang berasal dari bahasa Suku Dayak Ngaju yang berarti “pantang menyerah”. Semangat ini menjadi landasan filosofis bagi masyarakat Dayak dalam menjalani hidup dan menghadapi berbagai rintangan.

Baca Juga :  Gelombang Tradisi: Festival Muaro Padang 2024 Hidupkan Kembali Selaju Sampan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *