BeritaDaerah

Prakiraan dan Kondisi Cuaca di Gorontalo

×

Prakiraan dan Kondisi Cuaca di Gorontalo

Sebarkan artikel ini
Prakiraan dan Kondisi Cuaca di Gorontalo

Cuaca di Gorontalo Diguyur Hujan Lebat, BMKG Keluarkan Peringatan Dini Waspada

Gorontalo, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Gorontalo mengeluarkan prakiraan cuaca untuk wilayah Provinsi Gorontalo pada Sabtu (4/5/2024). Prakiraan ini berlaku mulai pukul 08.00 WITA dan berlaku selama 24 jam ke depan.

Pagi hari, kondisi cuaca di Gorontalo umumnya cerah berawan hingga berawan. Namun, potensi hujan ringan di wilayah Tolinggula, Sumalata, Anggrek, Kwandang, dan sekitarnya perlu diwaspadai.

Memasuki siang hari, cuaca di Gorontalo umumnya berawan hingga hujan. Potensi hujan ringan meluas ke wilayah Biluhu, Batudaa, Kabila Bone, Bone Raya, dan sekitarnya. Di beberapa wilayah seperti Popayato, Randangan, Taluditi, Marisa, Paguat, Tilamuta, Paguyaman Pantai, Atinggola, Asparaga, Boliyohuto, Tibawa, Limboto, Kota Gorontalo, Suwawa, dan Pinogu, potensi hujan meningkat menjadi sedang hingga lebat disertai kilat/petir.

Baca Juga :  Bank Jatim dan Bank Banten Tandatangani NDA untuk Kolaborasi Strategis

Malam hari, hujan masih berpotensi turun di Gorontalo, terutama di wilayah Popayato, Randangan, Taluditi, Marisa, Paguat, Tilamuta, Paguyaman Pantai, Biluhu, Asparaga, Boliyohuto, Tibawa, Limboto, Kabila Bone, Tolinggula, Sumalata, Anggrek, Kwandang, dan Atinggola.

Dini hari, potensi hujan ringan masih persisten di wilayah Popayato, Randangan, Taluditi, Marisa, Paguat, Tilamuta, Paguyaman Pantai, Biluhu, Batudaa, Kabila Bone, Asparaga, Tibawa, Tolinggula, dan Sumalata. Perlu dicatat bahwa potensi kabut di wilayah Boliyohuto juga perlu diwaspadai.

Suhu udara di Gorontalo pada hari ini berkisar antara 23 hingga 32 derajat Celsius. Kelembaban udara tercatat antara 65 hingga 95 persen. Arah angin bertiup dari barat laut hingga utara dengan kecepatan mencapai 10 km/jam.

Baca Juga :  Tips Mengemudi Hemat BBM untuk Efisiensi dan Hemat Pengeluaran

BMKG juga mengeluarkan peringatan dini waspada potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang di wilayah Kabupaten Pohuwato, Boalemo, Gorontalo, Gorontalo Utara, Bone Bolango, dan Kota Gorontalo. Masyarakat di wilayah tersebut diimbau untuk tetap waspada dan berhati-hati terhadap potensi bencana hidrometeorologi seperti banjir, tanah longsor, dan angin kencang.

Untuk jalur penyeberangan di lokasi Laut Sulawesi Gorontalo Utara, kondisi cuaca diperkirakan berawan dengan arah angin dari barat ke barat laut dengan kecepatan 12 – 30 km/jam. Ketinggian gelombang berkisar antara 0,5 hingga 1,25 meter.

Di Teluk Tomini, kondisi cuaca diperkirakan hujan ringan dengan arah angin dari barat daya ke barat dengan kecepatan 12 hingga 30 km/jam. Ketinggian gelombang mencapai 0,5 hingga 1,25 meter.

Baca Juga :  Banjarbaru Raih Penghargaan Bergengsi di Bidang Pendidikan

Informasi ini dapat berubah sewaktu-waktu sesuai dengan perkembangan kondisi cuaca terbaru. Masyarakat diimbau untuk selalu memantau informasi cuaca terkini dari BMKG melalui situs web atau aplikasi resminya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *