BeritaDaerah

Temanggung Membangun TPS3R di Tiga Desa dan Kelurahan dengan Dana Rp500 Juta

×

Temanggung Membangun TPS3R di Tiga Desa dan Kelurahan dengan Dana Rp500 Juta

Sebarkan artikel ini
Temanggung Membangun TPS3R

Temanggung Gelontorkan Rp500 Juta untuk Bangun TPS3R di Tiga Desa dan Kelurahan

Temanggung, Jawa Tengah – Dua desa dan satu kelurahan di Kabupaten Temanggung mendapat bantuan dana dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2024 urusan lingkungan hidup senilai lebih dari Rp500 juta. Dana ini akan digunakan untuk membangun Tempat Pengolahan Sampah Reduce-Reuse-Recycle (TPS3R) di desa-desa tersebut.

Bantuan keuangan ini dibagikan kepada Desa Pingit, Kecamatan Pringsurat dengan jumlah anggaran Rp300 juta, Desa Blimbing, Kecamatan Kandangan dengan jumlah anggaran Rp185 juta, dan Kelurahan Kebonsari, Kecamatan Temanggung dengan anggaran Rp200 juta.

Penjabat Bupati Temanggung, Hary Agung Prabowo, menjelaskan bahwa bantuan ini bertujuan untuk meningkatkan pengelolaan sampah di desa-desa tersebut. “Harapannya, dengan adanya TPS3R ini, pengelolaan sampah di desa bisa lebih optimal dan hanya residu yang masuk ke TPA,” ujar Hary Agung Prabowo.

Baca Juga :  Balangan Terang Terus Diperluas, Ribuan Titik Lampu Baru Bakal Dipasang

Hary Agung Prabowo mengingatkan kepada desa-desa dan kelurahan penerima bantuan untuk mengelola dana dengan transparan dan akuntabel. “Jangan sampai di kemudian hari menjadi permasalahan,” tegasnya.

Pembangunannya ditargetkan selesai pada November 2024. Dana untuk pembangunan ini akan disalurkan melalui anggaran perubahan. Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman, dan Lingkungan Hidup (DPRKPLH) Temanggung, Prasodjo, menjelaskan rincian anggaran untuk masing-masing desa dan kelurahan. “Pemerintah berharap pembangunan dilakukan dengan baik, benar, dan tepat sesuai dengan aturan yang menjadi pedoman,” kata Prasodjo.

Saat ini, Temanggung telah memiliki 133 tempat pengelolaan sampah, terdiri dari 91 Post Traumatic Stress Disorder (PTSD), 38 TPS3R, dan empat depo transfer. “Kita sudah melayani pengelolaan sampah di 205 desa, yakni 199 desa/kelurahan, dan yang sudah pengolahan sampah secara mandiri di 6 desa,” pungkasnya.

Baca Juga :  Konser Band Kotak Meriahkan Hut ke-21 Kabupaten Balangan

Dengan pembangunannya di tiga desa dan kelurahan ini, diharapkan pengelolaan sampah di Temanggung akan semakin baik dan berkelanjutan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *