BeritaDaerah

Cumi Asin Berformalin Terbongkar di Samarinda, Konsumen Diminta Waspada!

×

Cumi Asin Berformalin Terbongkar di Samarinda, Konsumen Diminta Waspada!

Sebarkan artikel ini
Cumi Asin Berformalin Terbongkar di Samarinda

Cumi Asin Berformalin Terbongkar di Samarinda, Konsumen Diminta Waspada!

Samarinda, Kaltim – Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, dan Usaha Kecil Menengah (DPPKUKM) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) bersama Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Kota Samarinda menemukan cumi asin kering yang beredar di sejumlah pasar tradisional di Samarinda positif mengandung formalin.

Temuan mengejutkan ini terungkap dalam rapat ekspose Tim Pengawasan Terpadu di Aula Keminting Kantor DPPKUKM Kaltim, Jalan MT. Haryono Samarinda, Kamis (2/5/2024).

“Awalnya, kami melakukan sampling dengan beberapa produk antara lain cumi, ikan teri, ikan jambrong, ebi dan krupuk mi dari hasil tersebut kami uji dengan menggunakan test kit, dari hasil rapid test kit diduga produk cumi mengandung formalin,” kata Genta Nila Hadi, Jafung PFM DPPKUKM Kaltim.

Baca Juga :  Tim 112 Sigap Evakuasi Pohon Akasia Raksasa Ancam Rumah Warga di Jalan Wortel

Tim Gabungan Lakukan Pengujian Lanjutan

Tak berhenti di situ, BPOM Samarinda kemudian melakukan pengujian lanjutan dengan menggunakan metode spektrofotometer di laboratorium terakreditasi. Hasilnya, cumi asin tersebut dinyatakan positif mengandung formalin.

“Sesuai arahan Kepala BPOM, kami akan melakukan penelusuran ke sarana produksi yang menjual produk tersebut,” tegas Genta.

Formalin Berbahaya Bagi Kesehatan

Formalin, bahan berbahaya yang biasa digunakan untuk mengawetkan jenazah, ternyata disalahgunakan untuk mengawetkan cumi asin. Konsumsi formalin dalam jangka panjang dapat menyebabkan kanker.

“Bahaya formalin bagi kesehatan sangat serius, oleh karena itu konsumen harus selalu waspada,” ujar Kepala Bidang Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga DPPKUKM Kaltim, Syahrani.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *