BeritaDaerah

Kerusakan Fasilitas Air Bersih di Morowali Utara: Perusahaan Tambang Diminta Cari Solusi Bersama

×

Kerusakan Fasilitas Air Bersih di Morowali Utara: Perusahaan Tambang Diminta Cari Solusi Bersama

Sebarkan artikel ini
Kerusakan Fasilitas Air Bersih di Morowali Utara

Kerusakan Fasilitas Air Bersih di Morowali Utara: Perusahaan Tambang Diminta Cari Solusi Bersama

Morowali Utara, CNBC Indonesia – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Morowali Utara, Sulawesi Tengah, menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) lanjutan untuk menangani kerusakan fasilitas air bersih di Sistem Penyedia Air Minum Ibu Kota Kecamatan (SPAM IKK) Petasia.

Rakor yang dipimpin oleh Wakil Bupati (Wabup) Morowali Utara, Djira, pada Kamis (2/5/2024) ini, bertujuan untuk mencari solusi atas kerusakan sarana air bersih yang disebabkan oleh curah hujan tinggi dan aktivitas pertambangan di sekitar area SPAM IKK Petasia.

“Dalam penanganan terkait masalah yang terjadi dalam saluran distribusi air bersih harus dilaksanakan peninjauan lapangan bersama tanpa ada saling menyalahkan terlebih dahulu,” jelas Wabup Djira dalam arahannya.

Baca Juga :  7 Wilayah Mulai Berlakukan Pembuatan SIM Wajib Punya BPJS Kesehatan

Lebih lanjut, Wabup Djira menekankan perlunya peninjauan lapangan secara langsung dan kesepakatan bersama untuk solusi dalam penanganan kerusakan saluran distribusi air bersih. “Jangan sampai kita saling menyalahkan tanpa tahu penyebab sebenarnya,” tegasnya.

Usai pelaksanaan tinjau lapangan, Wabup Djira berharap setiap perusahaan yang berada di sekitar jalur distribusi air bersih juga berperan aktif memberikan penjelasan sehingga ditemukan solusi tanpa ada pihak yang dirugikan.

“Bila diperlukan, pemerintah siap menghentikan sementara proses aktivitas tambang di sekitar saluran untuk mempermudah proses penanganan masalah yang terjadi,” ujar Wabup Djira menutup Rakor.

Hadir dalam pertemuan tersebut Sekda Morowali Utara Musda Guntur, perwakilan dari Balai Wilayah Sungai Sulawesi III Palu, Balai Prasarana Permukiman Wilayah Sulteng, sejumlah pejabat Eselon II lingkup Pemda Morowali Utara, dan perwakilan direktur perusahaan di sekitar SPAM IKK Petasia.

Baca Juga :  Gili Labak Jadi Rumah Baru bagi Terumbu Karang Hasil Sitaan di Bandara Juanda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *