BeritaNasional

Pembangunan Infrastruktur Ketenagalistrikan Ramah Lingkungan di Ibu Kota Baru

×

Pembangunan Infrastruktur Ketenagalistrikan Ramah Lingkungan di Ibu Kota Baru

Sebarkan artikel ini
Pembangunan Infrastruktur Ketenagalistrikan Ramah Lingkungan di Ibu Kota Baru

Listrik Ramah Lingkungan Jadi Andalan Ibu Kota Baru, Progres Infrastruktur Ketenagalistrikan Berjalan Lancar

Jakarta, Pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan di Ibu Kota Nusantara (IKN) terus dikebut untuk mendukung kelancaran pemindahan ibu kota negara. Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Jisman P Hutajulu, memastikan bahwa progres pembangunannya berjalan lancar sesuai rencana.

“Salah satu infrastruktur di IKN adalah ketenagalistrikan, dan hal itu menjadi sangat penting, tanpa listrik tidak ada yang bergerak di sana,” ujar Jisman saat kunjungan kerja di IKN, Rabu (1/5/2024), seperti dilansir laman Kementerian ESDM https://www.esdm.go.id/.

Pasokan listrik di IKN akan mengutamakan energi baru terbarukan (EBT) sebagai langkah awal menuju kota yang ramah lingkungan. Hal ini sejalan dengan konsep IKN sebagai “forest city” yang mengusung prinsip pembangunan berkelanjutan.

Baca Juga :  Kabupaten Bandung Berusia 383 Tahun, Pj Gubernur Jabar Tekankan Pentingnya Kualitas SDM untuk Pembangunan Ekonomi Berkelanjutan

“Persiapan infrastruktur kelistrikan dari hulu ke hilir harus didetailkan agar mitigasi risiko terhadap permasalahan yang muncul bisa segera diakomodir,” jelas Jisman.

Lebih lanjut, Jisman menekankan pentingnya koordinasi dan komunikasi yang solid antara PLN dengan Kementerian/Lembaga terkait untuk menyelesaikan berbagai permasalahan teknis dan standarisasi kelistrikan. “Setiap permasalahan yang muncul diharapkan dapat diselesaikan bersama,” tegasnya.

PLN pun terus mempersiapkan diri untuk memenuhi kebutuhan listrik di IKN, termasuk pada momen perayaan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia 17 Agustus 2024.

“Saat ini PLN telah mempersiapkan acara peringatan kemerdekaan Indonesia 17 Agustus 2024 dan sebelumnya acara peringatan HUT RI dilaksanakan akan ada beberapa kantor yang beroperasi pada Juli 2024 dan tentunya pasokan listrik harus dipersiapkan,” ujar Direktur Distribusi PT PLN (Persero) Adi Priyanto.

Baca Juga :  Telkom Bukukan Kinerja Positif 2023, Perkuat Transformasi Digital dengan Dividen Rp17,68 Triliun

Pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan di IKN diharapkan dapat rampung sesuai dengan target yang telah ditetapkan, sehingga dapat mendukung kelancaran pemindahan ibu kota negara dan mewujudkan visi IKN sebagai kota yang modern, cerdas, dan ramah lingkungan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *