BeritaDaerah

Pelatihan Kerja dan Produktivitas Tenaga Kerja di Indramayu: Mengurangi Angka Pengangguran

×

Pelatihan Kerja dan Produktivitas Tenaga Kerja di Indramayu: Mengurangi Angka Pengangguran

Sebarkan artikel ini
Pelatihan Kerja dan Produktivitas Tenaga Kerja di Indramayu

Indramayu Gelar Pelatihan Mengemudi, Las Listrik, dan Otomotif Guna Kurangi Pengangguran

Indramayu, Dalam upaya menekan angka pengangguran, Pemerintah Kabupaten Indramayu di bawah kepemimpinan Bupati Nina Agustina gencar menggelar pelatihan kerja melalui Balai Latihan Kerja (BLK) Dinas Tenaga Kerja. Salah satu programnya adalah pelatihan kerja dan produktivitas tenaga kerja yang fokus pada pelatihan mengemudi mobil, las listrik, dan otomotif, yang dibuka pada Senin, 29 April 2024.

Sebanyak 52 peserta ambil bagian dalam pelatihan ini, dengan rincian 16 peserta untuk pelatihan las listrik, 16 peserta untuk pelatihan otomotif, dan 20 peserta untuk pelatihan mengemudi.

Meningkatkan Keterampilan dan Daya Saing

Plt. Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Indramayu, Nonon Citra Wulandari, menjelaskan bahwa pelatihan kerja ini merupakan bagian dari strategi pemerintah daerah untuk mengatasi masalah pengangguran. Ia mengungkapkan bahwa program ini bertujuan untuk meningkatkan sumber daya manusia di Kabupaten ini agar memiliki keterampilan yang mumpuni untuk digunakan di dunia kerja maupun untuk usaha mandiri.

Baca Juga :  Perempuan Minang Mendominasi Pekerja Migran dan Perubahan Paradigma dalam Budaya Minang

“Diharapkan program pelatihan ini dapat meningkatkan keterampilan peserta hingga mereka mampu bekerja secara profesional baik secara global maupun mandiri. Ini merupakan wujud nyata dari visi Bermartabat yang digagas oleh Bupati Nina Agustina, dan diharapkan dapat membantu mengurangi angka pengangguran di Kabupaten ini,” jelas Nonon.

Hal senada disampaikan oleh Kepala UPTD BLK Disnaker Kabupaten Indramayu, Sukirwan. Ia mengatakan bahwa selain untuk mengurangi pengangguran, pelatihan ini juga bertujuan untuk meningkatkan keterampilan masyarakat. “Dengan keterampilan yang mereka peroleh, diharapkan para peserta dapat memasuki dunia kerja atau bahkan memulai usaha sendiri sebagai wirausaha,” tandasnya.

Meningkatkan Pengetahuan dan Keahlian Mengemudi

Salah satu instruktur mengemudi yang dipercaya untuk melatih peserta, Isnaeni, mengucapkan terima kasih kepada Disnaker Indramayu atas kepercayaan yang diberikan kepadanya. Ia menyatakan kesiapannya untuk memberikan ilmu yang bermanfaat tentang mengemudi mobil kepada para peserta agar mereka mampu mengemudikan kendaraan dengan aman dan selamat.

Baca Juga :  Ibu Muda di Tangsel Jadi Tersangka Kasus Pelecehan Anak

“Semoga hasil dari pelatihan ini dapat memberikan ilmu yang bermanfaat bagi para peserta hingga mereka bisa mengemudi dengan andal dan mampu bersaing di dunia kerja,” tutup Isnaeni, pemilik Kursus Mengemudi Fajar Utama Indramayu.

Pemerintah Kabupaten berkomitmen untuk terus berupaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia di daerahnya melalui berbagai program pelatihan, termasuk pelatihan mengemudi, las listrik, dan otomotif. Diharapkan dengan program ini, angka pengangguran di Indramayu dapat ditekan dan masyarakat dapat memiliki keterampilan yang dibutuhkan untuk bekerja atau berwirausaha.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *