BeritaDaerah

BPJS Ketenagakerjaan Batang Bagikan Sembako dan Dorong Peningkatan Keterampilan Pekerja

×

BPJS Ketenagakerjaan Batang Bagikan Sembako dan Dorong Peningkatan Keterampilan Pekerja

Sebarkan artikel ini
BPJS Ketenagakerjaan Batang Bagikan Sembako

BPJS Ketenagakerjaan Batang Bagikan Sembako dan Dorong Peningkatan Keterampilan Pekerja dalam Peringatan Hari Buruh 2024

Batang, Dalam rangka memperingati Hari Buruh Internasional 2024, BPJS Ketenagakerjaan Cabang Batang menggelar aksi sosial dengan membagikan 90 paket sembako kepada para pekerja di berbagai sektor. Penyerahan bantuan sembako ini dilakukan secara simbolis di Aula BLK Disnaker Batang pada hari Rabu (1/5/2024).

“Pemberian sembako ini merupakan salah satu bentuk kepedulian terhadap para pekerja, sekaligus sebagai wujud nyata untuk memberikan manfaat tambahan di luar program yang telah diterima oleh peserta BPJS Ketenagakerjaan,” ujar Acep Dwi Yuniman, Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Batang.

Selain pembagian sembako, BPJS Ketenagakerjaan Cabang Batang juga memanfaatkan momen Hari Buruh ini untuk mengedukasi para pekerja tentang berbagai program jaminan sosial yang ditawarkan, seperti jaminan hari tua (JHT), jaminan kecelakaan kerja (JKK), jaminan kematian (JKm), jaminan pensiun (JK), dan jaminan kehilangan pekerjaan (JHP).

Baca Juga :  Raja Ampat Raih Status Geopark UNESCO, Bukti Keindahan Alam dan Komitmen Pelestarian

Acep menuturkan bahwa keikutsertaan masyarakat pekerja di Kabupaten Batang dalam program ini masih tergolong rendah, baik bagi pekerja formal maupun informal. “Untuk pekerja formal, baru 37.197 orang dari total 60 ribu pekerja yang terdaftar, sedangkan untuk pekerja informal baru 9.598 orang dari total 80 ribu pekerja informal di Kabupaten Batang,” jelasnya.

Oleh karena itu, Acep mendorong semua pihak, baik pemberi kerja maupun pekerja, untuk memahami pentingnya menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan dan memanfaatkan berbagai manfaat yang ditawarkan.

Meningkatkan Keterampilan Pekerja

Di kesempatan yang sama, Penjabat (Pj) Bupati Batang, Lani Dwi Rejeki, menyampaikan bahwa peringatan Hari Buruh kali ini mengangkat tema yang sangat relevan, yaitu “Kerja Bersama Wujudkan Pekerja/Buruh yang Kompeten” dengan tagline “Mayday is ‘Terampil’ Day”.

Baca Juga :  Banjir Bandang Terjang Lembah Anai, Jalur Padang-Bukittinggi Lumpuh Total!

Tema ini, menurut Lani, menekankan pentingnya kolaborasi dalam meningkatkan kompetensi dan keterampilan para pekerja di Kabupaten Batang. Di era yang semakin kompleks dan kompetitif, memiliki keterampilan yang mumpuni dan relevan dengan kebutuhan pasar merupakan sebuah keharusan.

“Bekerja dengan baik dan profesional tidak lagi menjadi pilihan, tetapi kewajiban. Oleh karena itu, para pekerja dan buruh harus terus mengembangkan diri agar mampu menjawab tantangan di era modern ini. Mari kita semua bersama-sama meningkatkan kualitas dan keterampilan untuk mewujudkan pekerja/buruh yang kompeten,” ajaknya.

Pembagian sembako dan edukasi mengenai program BPJS Ketenagakerjaan, serta penekanan pada peningkatan keterampilan pekerja, diharapkan menjadi langkah nyata dalam mewujudkan kesejahteraan dan kemajuan bersama di Kabupaten Batang.

Baca Juga :  Harga Bawang Merah di Padang Panjang Turun Rp1.167, Cabai Merah Naik!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *