BeritaNasional

Menteri PUPR Ajak Seluruh Pihak Meningkatkan Pengelolaan Air

×

Menteri PUPR Ajak Seluruh Pihak Meningkatkan Pengelolaan Air

Sebarkan artikel ini
Menteri PUPR Ajak Seluruh Pihak Meningkatkan Pengelolaan Air

Jakarta – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, mengajak seluruh pihak, baik pemangku kepentingan maupun masyarakat, untuk meningkatkan pengelolaan air secara berkelanjutan. Hal ini disampaikan dalam gelaran puncak Hari Air Dunia (HAD) ke-32 tahun 2024 oleh Kementerian PUPR melalui Direktorat Jenderal Sumber Daya Air (SDA) di Jakarta.

Implementasi Program Pemulihan Ekosistem Daerah Aliran Sungai

Dalam sambutannya, Menteri PUPR menyampaikan dua hal yang perlu untuk mengimplementasikannya. Pertama, implementasi program pemulihan ekosistem Daerah Aliran Sungai (DAS) seperti Citarum Harum di seluruh sungai yang ada di Pulau Jawa.

“Hal ini penting karena Pulau Jawa merupakan pulau terpadat di Indonesia. Kedua, meningkatkan kemampuan mengelola air (water management) di Indonesia,” ungkapnya.

Baca Juga :  Liburan Seru di Taman Impian Jaya Ancol! Ini Cara Mudah Beli Tiketnya

Peran BMKG dalam Pengelolaan Sumber Daya Air

Menteri PUPR juga mengungkapkan pentingnya peran Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) dalam pengelolaan sumber daya air. BMKG dapat memprediksi dengan tepat kondisi cuaca, sehingga dapat membantu dalam persiapan pengelolaan sumber daya air baik saat musim penghujan maupun kemarau.

Peringatan HAD ke-32 tahun 2024 mengusung tema “Water for Peace” yang ditetapkan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Tema ini menggarisbawahi pentingnya air dalam menciptakan perdamaian bagi masyarakat.

Direktorat Jenderal SDA juga melakukan serangkaian kegiatan dalam rangka menyambut World Water Forum ke-10 yang akan diselenggarakan di Bali pada bulan Mei 2024.

Menteri PUPR Basuki mengapresiasi seluruh insan PUPR dan panitia yang telah berpartisipasi dalam peringatan HAD ke-32 tahun 2024. Ia mengharapkan kegiatan seperti “SDA Goes to School” dan penanaman pohon dapat dilakukan secara intensif, bukan hanya untuk memperingati HAD, tetapi juga untuk memperingati Hari Bakti PUPR.

Baca Juga :  Pertamina Aktifkan Skema Rute Alternatif Mobil Tangki BBM di Sumbar Pasca Bencana Alam Padang

Pada puncak peringatan HAD ke-32 ini, dilakukan pengukuhan anggota Dewan SDA Nasional dari unsur non-pemerintah dan pengukuhan Himpunan Profesional Pengelola Sumber Daya Air (Himpesda). Juga, akan ditetapkan pemenang lomba karya ilmiah bidang SDA tingkat SMA/SMK secara nasional dan hasil konsultasi pemangku kebijakan dan pemilik kepentingan pada acara Forum Air Indonesia ke-5 oleh Kemitraan Air Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *