BeritaDaerah

SAKIP dan RB Jadi Kunci Tata Kelola Pemerintahan Baik Nagan Raya, KemenPANRB Siap Dampingi

×

SAKIP dan RB Jadi Kunci Tata Kelola Pemerintahan Baik Nagan Raya, KemenPANRB Siap Dampingi

Sebarkan artikel ini
SAKIP dan RB Jadi Kunci Tata Kelola Pemerintahan Baik Nagan Raya
Image by infopublik.id

Jakarta, – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPANRB) mengapresiasi komitmen Penjabat (Pj) Bupati Nagan Raya, Fitriany Farhas. Dalam meningkatkan kinerja aparatur dan penyelenggaraan pemerintahan di daerahnya.

Hal ini disampaikan oleh Deputi Bidang Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan KemenPANRB, Erwan Agus Purwanto. Saat menerima audiensi Pj Bupati Nagan Raya di Jakarta, Kamis (18/4/2024).

Mengtup dari infopublik.id, Dalam audiensi tersebut, Pj Bupati Nagan Raya menyampaikan perkembangan implementasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) dan Reformasi Birokrasi (RB) di Kabupaten ini.

Fitriany Farhas menyampaikan bahwa pihaknya ingin meningkatkan kinerja aparatur dan penyelenggaraan pemerintahan agar menghasilkan dampak nyata bagi masyarakat.

“Kami juga membahas tindak lanjut rekomendasi hasil evaluasi Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (AKIP) dan Reformasi Birokrasi (RB) dari KemenPANRB,” imbuhnya.

Baca Juga :  51 Rekomendasi DPRD Agam untuk LKPJ Bupati 2023: Fokus Peningkatan PAD, SOTK, dan Kinerja Perangkat Daerah

Pj Bupati Nagan Raya berharap KemenPANRB terus memberikan pendampingan kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) ini. Dalam mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik, terutama dalam hal peningkatan akuntabilitas kinerja dan reformasi birokrasi.

“Terima kasih kepada KemenPANRB, semoga implementasi AKIP dan RB di Kabupaten ini terus meningkat. Kami yakin dengan pendampingan dari KemenPAN-RB, hal tersebut dapat terwujud,” tuturnya.

Menanggapi hal tersebut, Deputi Erwan Agus Purwanto mengapresiasi komitmen Pj Bupati untuk meningkatkan kinerja aparatur dan penyelenggaraan pemerintahan. Ia juga menyampaikan beberapa langkah strategis yang harus dilakukan oleh Pemkab Nagan Raya dalam rangka memperkuat implementasi SAKIP dan RB di daerah.

“Kami siap membantu Kabupaten ini dalam menindaklanjuti rekomendasi hasil evaluasi AKIP dan RB. Kami juga akan terus memantau perkembangan implementasi reformasi birokrasi di Kabupaten ini,” ujarnya.

Baca Juga :  70 Desa di Jatim Ditargetkan Jadi Desa Tangguh Bencana pada 2024

Audiensi ini merupakan salah satu upaya KemenPANRB dalam mendorong implementasi SAKIP dan RB di seluruh daerah di Indonesia. KemenPANRB berkomitmen untuk terus memberikan pendampingan dan bimbingan kepada pemda dalam mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik dan berdampak nyata bagi masyarakat.

Pentingnya Implementasi SAKIP dan RB

SAKIP dan RB merupakan dua instrumen penting dalam mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik. SAKIP membantu instansi pemerintah dalam merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi kinerja instansi sehingga dapat mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Sedangkan RB bertujuan untuk membangun birokrasi yang bersih, efektif, dan akuntabel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *