Berita

Jakarta Tangguh 2024: Mewujudkan Kota Global yang Tangguh Bencana

×

Jakarta Tangguh 2024: Mewujudkan Kota Global yang Tangguh Bencana

Sebarkan artikel ini
Jakarta Tangguh 2024

Siarnews.com – Jakarta, Dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-497 Kota Jakarta, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi DKI Jakarta menyelenggarakan Pameran Jakarta Tangguh (PJT) 2024 di Seasons City Trade Mall, Tambora, Jakarta Barat pada Sabtu (15/6/2024). Acara ini sukses menarik perhatian masyarakat dan menjadi simbol komitmen Jakarta dalam mewujudkan kota yang tangguh bencana.

Menampilkan Sarana dan Prasarana Penanggulangan Bencana Terkini

Pameran Jakarta Tangguh 2024 menjadi ajang bagi BPBD DKI Jakarta untuk memamerkan berbagai sarana dan prasarana penanggulangan bencana yang dimiliki. Pengunjung dapat melihat secara langsung berbagai kendaraan penyelamat, seperti mobil rescue, mobil dapur umum, mobil pelayanan kesehatan, truck high pressure, excavator spider mini, spider excavator, dan mini excavator. Tak hanya itu, pameran ini juga menampilkan mobil layanan dukungan psikososial, layanan perpustakaan, dan berbagai peralatan operasional kebencanaan lainnya.

Baca Juga :  Karantina Gaharu di Papua Selatan: Langkah Penting dalam Menjaga Keamanan Tumbuhan

Berbagai Aktivitas Menarik dan Edukatif

Selain menampilkan sarana dan prasarana penanggulangan bencana, PJT 2024 juga dimeriahkan dengan berbagai aktivitas menarik dan edukatif. Masyarakat dapat mengikuti senam dan olahraga bersama, simulasi water rescue, bazar UMKM, mengunjungi 50 booth interaktif, dan menikmati hiburan menarik lainnya. Dua atraksi baru yang menjadi sorotan pada PJT tahun ini adalah simulasi vertical rescue dari lantai 9 Seasons City Trade Mall dan lomba mewarnai anak.

Upaya Meningkatkan Kesadaran Bencana dan Kolaborasi Pentahelix

Kepala Pelaksana BPBD Provinsi DKI Jakarta, Isnawa Adji, mengapresiasi seluruh pihak yang terlibat dalam suksesnya gelaran PJT 2024. Ia berharap acara ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya kesiapsiagaan bencana dan mendorong budaya sadar bencana di Jakarta.

Baca Juga :  BNN RI Gelar Koordinasi Lintas Sektoral P4GN di Kabupaten Belu, Perkuat Sinergi Pengamanan Perbatasan

“Saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh unsur yang telah aktif berkolaborasi demi mewujudkan suksesnya acara ini. Harapannya, budaya sadar bencana menjadi bagian dari kehidupan bermasyarakat dan Jakarta menjadi kota global yang tangguh bencana”, ujar Isnawa.

Lebih lanjut, Isnawa mengungkapkan bahwa BPBD DKI Jakarta juga mengundang BPBD pemerintah daerah lainnya dari wilayah Pulau Jawa dan Sumatera untuk menghadiri PJT 2024. Hal ini bertujuan untuk berbagi pengalaman dan pengetahuan akan upaya penanggulangan bencana yang dilakukan di Kota Jakarta.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *