BeritaBinkam

162 Calon Bintara Meranti Siap Bersaing di Tahap Selanjutnya

×

162 Calon Bintara Meranti Siap Bersaing di Tahap Selanjutnya

Sebarkan artikel ini
162 Calon Bintara Meranti Siap Bersaing di Tahap Selanjutnya

Meranti, Sebanyak 162 calon siswa rekrutmen proaktif (Casis Rekpro) Bintara Polres Kepulauan Meranti dilepas Bupati Kepulauan Meranti AKBP (Purn) Asmar untuk mengikuti seleksi tahap selanjutnya di Pelabuhan Tanjungharapan Selatpanjang, Kabupaten Kepulauan Meranti, Provinsi Riau, Selasa (7/5/2024).

Pelepasan ini menandai babak baru bagi para casis dalam mewujudkan cita-cita mereka menjadi anggota Polri. Di hadapan para casis, Asmar menyampaikan rasa terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam proses seleksi.

“Saya ucapkan terima kasih kepada Polres Kepulauan Meranti dan semua pihak yang ikut terlibat dalam proses penyeleksian ini,” ujar Asmar.

Kepada para casis, Asmar berpesan agar mereka menjaga kesehatan dan fisik, serta tidak berkeliaran di malam hari tanpa keperluan yang jelas.

Baca Juga :   Penandatanganan MOU dan PKS antara PT Bangun Banua dan Universitas Lambung Mangkurat

“Jaga kesehatan dan fisik, jangan berkeliaran di malam hari. Jangan berbuat hal yang melanggar norma, apalagi hukum. Itu akan merugikan diri sendiri, orang tua dan daerah,” tegasnya.

Asmar juga mengingatkan para casis agar tidak sombong dan tetap rendah hati. “Syukuri kalian adalah orang pilihan dari sekian banyak orang di luar sana,” pesannya.

Sementara itu, Wakapolres Kepulauan Meranti Kompol Dodi Hasibuan menjelaskan bahwa penerimaan Rekpro khusus Polres Meranti ini merupakan kesempatan emas bagi putra-putri daerah yang ingin menjadi anggota Polri.

“Ini kesempatan yang sangat baik dan cukup besar bagi anak daerah yang berminat menjadi anggota Polri. Karena tahun depan belum tentu ada program seperti ini,” jelas Dodi.

Baca Juga :   Kabupaten Pasuruan Targetkan PAD Rp1 Miliar Lebih dari Retribusi Tenaga Kerja Asing

Dodi menambahkan bahwa penerimaan Casis Rekpro ini merupakan hasil kerjasama Polres Meranti dengan Pemkab Kepulauan Meranti dan Polda Riau.

“Pemda memfasilitasi casis yang telah memenuhi syarat untuk semua akomodasi yang dibutuhkan mengikuti tes polri, mulai transportasi kapal, bus, makan dan penginapan selama di Pekanbaru,” lanjutnya.

Waka Polres Meranti itu berharap program penerimaan Polri Rekpro ini dapat dimanfaatkan dengan baik oleh putra-putri Kepulauan Meranti, karena mereka hanya akan bersaing dengan casis dari Meranti saja.

“Harapannya tahun 2024 ini lebih banyak anak-anak Meranti yang lulus sebagai anggota Polri dan kembali bertugas di Meranti,” harapnya.

Tentang Rekrutmen Proaktif Bintara Polri

Rekrutmen Proaktif Bintara Polri Tahun Anggaran 2024 merupakan program penerimaan anggota Polri yang bertujuan untuk menjaring calon anggota yang kompeten dan memiliki potensi luar biasa. Program ini memiliki 4 kategori:

  1. Tindakan Penguatan (Affirmative Action): Diperuntukkan bagi kelompok masyarakat tertentu yang selama ini kurang terwakili dalam institusi Polri.
  2. Pencarian Bakat (Talent Scouting): Diperuntukkan bagi individu yang memiliki prestasi atau bakat luar biasa di bidang tertentu, seperti olahraga, seni, sains, dan teknologi.
  3. Penghargaan: Diperuntukkan bagi individu berjasa yang telah mengharumkan nama bangsa dan negara.
  4. Kelompok Disabilitas: Diperuntukkan bagi penyandang disabilitas yang memiliki kemampuan dan potensi untuk menjadi anggota Polri.
Baca Juga :   PLN Dorong Mitra Kerja Terapkan Budaya Safety Action dan Anti-Penyuapan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *