Daerah

15 Agamawan Hindu Balangan Diberangkatkan ke India dan Nepal untuk Memperdalam Ilmu Agama

×

15 Agamawan Hindu Balangan Diberangkatkan ke India dan Nepal untuk Memperdalam Ilmu Agama

Sebarkan artikel ini
15 Agamawan Hindu Balangan Diberangkatkan ke India dan Nepal

Paringin, Balangan – Dalam upaya meningkatkan sumber daya manusia (SDM) di bidang keagamaan, Pemerintah Kabupaten Balangan memberangkatkan 15 agamawan Hindu untuk mengikuti program pendalaman ilmu agama ke India dan Nepal. Acara pelepasan para peserta program ini dilakukan langsung oleh Bupati Balangan, Abdul Hadi, di Aula Benteng Tundakan, Paringin Selatan, pada Senin (6/5/2024).

Kebijakan program ini, menurut Abdul Hadi, merupakan bentuk dukungan pemerintah daerah terhadap para pemuka agama Hindu untuk memperdalam pengetahuan keagamaan mereka. Dengan ilmu yang lebih mendalam, diharapkan para agamawan ini nantinya mampu membangun karakter umat dengan lebih baik lagi dan berkontribusi dalam mewujudkan bangsa yang bersatu dan maju.

Baca Juga :   Penambahan Masa Jabatan Kepala Desa di Sidoarjo dan Dampak Positif dari UU Nomor 3 Tahun 2024 tentang Desa

Pemerintah daerah Kabupaten Balangan berkomitmen untuk memberikan kesempatan yang sama bagi para pemuka agama dari semua agama untuk memperdalami ilmu agama mereka di luar negeri, dengan proporsi yang sesuai dengan jumlah penganut agama di daerah tersebut.

“Program ini rencananya akan kita lanjutkan setiap tahun, karena melihatnya banyaknya agama di Balangan sehingga kemajemukan itu sangat disambut dengan toleransi yang tinggi,” ujar Abdul Hadi.

Salah satu peserta program pendalaman ilmu agama Hindu, Mariana, mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada Bupati Balangan atas program yang berharga ini. Ia menyebut bahwa program ini merupakan yang pertama kalinya diadakan di Kabupaten Balangan sejak berdiri.

“Kami sangat bahagia karena selama berdirinya Kabupaten Balangan baru kali ini ada diberangkatkan tirta yatra pendalaman tentang agama Hindu dan juga agama lainnya,” imbuhnya.

Baca Juga :   Komisi III DPR RI Gelar Kunjungan Kerja Reses ke Bali, Awasi Kinerja Mitra Kerja dan Serap Aspirasi Masyarakat

Mariana berharap setelah mengikuti program ini, umat Hindu di Balangan dapat terlayani dengan lebih baik dan para generasi muda Hindu di daerahnya dapat dibimbing dengan lebih optimal, sehingga mereka mampu bersaing dengan pemuda-pemudi Hindu di daerah lain.

Program pendalaman ilmu agama ini merupakan langkah positif dalam meningkatkan kualitas SDM di bidang keagamaan di Kabupaten Balangan. Diharapkan program ini dapat menghasilkan para pemuka agama yang berilmu dan berwawasan luas, sehingga dapat memberikan bimbingan dan arahan yang tepat kepada umat beragama di daerahnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *