MiliterTeknologi

Lockheed Martin Diunggulkan Menangkan Kontrak Jet Tempur Canggih

1
×

Lockheed Martin Diunggulkan Menangkan Kontrak Jet Tempur Canggih

Sebarkan artikel ini
Lockheed Martin Diunggulkan Menangkan Kontrak Jet Tempur Canggih
Lockheed Martin Diunggulkan Menangkan Kontrak Jet Tempur Canggih. Foto : nationalinterest.org

Siarnews.com – Lockheed Martin semakin difavoritkan untuk memenangkan kontrak program Next Generation Air Dominance (NGAD) yang sangat dinanti-nantikan. Program ini bertujuan untuk mengembangkan jet tempur generasi keenam terbaru untuk Angkatan Udara Amerika Serikat (USAF).

Program NGAD menandakan langkah penting bagi USAF dalam menggantikan F-22 Raptor dengan pesawat tempur berteknologi lebih unggul. Cakupan program ini luas dan ambisius, termasuk pengembangan 200 jet tempur NGAD mutakhir dan armada 1.000 drone otonom yang akan bertindak sebagai “pendamping setia” untuk pesawat berawak. Fokus pada kerja sama berawak-tanpa awak (MUM-T) ini mencerminkan perubahan strategis dalam peperangan udara.

Keunggulan Lockheed Martin

Posisi kuat Lockheed Martin dalam kompetisi NGAD berasal dari beberapa faktor. Pertama, perusahaan ini memiliki rekam jejak yang terbukti dalam menghadirkan pesawat militer berprestasi tinggi, setelah memenangkan kontrak untuk jet tempur F-22 Raptor dan F-35 Joint Strike Fighter. Baru-baru ini, menarik perhatian besar dengan mengungkap desain potensial untuk pesawat tempur NGAD. Desain ini menampilkan pesawat tanpa ekor yang berfokus pada siluman dengan mesin terintegrasi ke dalam badan pesawat, sebuah konsep yang sejalan dengan filosofi desainnya yang sudah ada dan memprioritaskan kemampuan menghindari radar.

Baca Juga :   iPhone 15 Pro: Inovasi yang Mendefinisikan Masa Depan Jakarta

Kedua, pengalaman dan kinerja di masa lalu menempatkan mereka pada posisi yang menguntungkan. Sementara Northrop Grumman dan Boeing, pesaing utamanya, sama-sama menghadapi tantangan dengan proyek masa lalu – Northrop Grumman secara terbuka mengundurkan diri dari kompetisi NGAD dan Boeing telah bergulat dengan masalah kontrol kualitas – Lockheed Martin secara konsisten menghadirkan jet tempur canggih yang telah memberi AS keunggulan teknologi signifikan atas para pesaingnya.

Nilai Kontrak NGAD

Nilai kontrak NGAD yang menggiurkan semakin menggarisbawahi pentingnya program ini. Setiap jet tempur NGAD diperkirakan berharga ratusan juta dolar, dan program ini akan membangun “sistem dari sistem” yang sangat terhubung yang terintegrasi dengan aset yang ada seperti F-35, satelit, dan berbagai node pertahanan udara. Jaringan yang saling terhubung ini diharapkan dapat memberikan kesadaran situasi yang tak tertandingi kepada pilot selama operasi tempur.

Baca Juga :   Dompet Elektronik: Era Baru Transaksi Keuangan di Indonesia

Pemenang Kontrak NGAD

Pemberian kontrak NGAD diperkirakan akan terjadi sekitar tahun 2024. Mengingat keahlian Lockheed Martin yang terbukti dalam pengembangan jet tempur dan sejarah suksesnya dengan militer AS, perusahaan ini tampaknya berada dalam posisi yang baik untuk mengamankan kontrak bergengsi dan strategis ini.

Sumber : Lockheed Martin Built the F-22 and F-35: NGAD Fighter Seems Next

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *